10 Peluang Karier Mumpuni untuk Lulusan Sistem Informasi

Selasa, 04 Januari 2022 - 21:29 WIB
loading...
10 Peluang Karier Mumpuni untuk Lulusan Sistem Informasi
Jurusan Teknik Informatika. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Mahasiswa yang mempelajari sistem informasi semasa kuliah memiliki keunggulan tersendiri. Sebab di zaman teknologi yang serba canggih seperti saat ini, orang wajib mahir untuk menggunakan teknologi.

Para mahasiswa yang mendalami jurusan ini akan belajar tentang mengumpulkan, menyaring, dan mendistribusikan data. Bagi yang berminat melanjutkan studi di jurusan ini, berikut ini 10 prospek karier yang bisa dijalani melansir laman glints.com.



1. Network administrator
Sebagai lulusan sistem informasi, karier sebagai seorang network administrator bisa menjadi jalan hidup. Lingkup kerjanya mulai dari penaksiran hal yang dibutuhkan klien tentang sistem informasi, hingga mendesain dan mengembangkan sistem informasi baru serta memasangnya.

Apabila ingin sukses di bidang ini, mengasah kemampuan matematika dan problem solving adalah sebuah keharusan. Rata-rata gaji profesi ini Rp5,5 juta per bulan.

2. System analyst
System analyst sendiri adalah pekerjaan yang memiliki tanggung jawab untuk mendesain solusi dalam teknologi informasi. Seorang system analyst pun akan bertanggungjawab untuk memodifikasi dan mengadaptasi sistem yang ada dan mengintegrasi fitur-fitur baru agar adanya efisiensi dan produktivitas dalam bisnis.



System analyst akan terjun dalam proyek-proyek yang mengharuskannya memeriksa sistem atau model bisnis yang sudah ada untuk kemudian menganalisis kebutuhan sistem tersebut. Setelah itu, seorang system analyst melakukan pengembangan produk dan mengimplementasikan, mengatur, dan menguji solusinya dalam sistem.

System analyst dibutuhkan oleh berbagai perusahaan dan organisasi seperti perusahaan otomotif, layanan keuangan, bank investasi dunia, pabrik, serta layanan masyarakat. Rata-rata gaji yang akan didapat Rp5,7 juta per bulan.

3. Software developer
Seorang lulusan sistem informasi juga berpotensi untuk berkarier sebagai software developer. Pekerjaan ini meliputi pembuatan, pengembangan, dan pengujian program-program perangkat lunak komputer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7028 seconds (0.1#10.140)