Jurusan IPS Bisa Jadi Apa? Ini 10 Pilihan Jurusan Kuliah dan Prospek Kerjanya

Jum'at, 07 Januari 2022 - 00:32 WIB
loading...
A A A
Prospek kerja: HRD, psikolog, terapis, penulis, content creator,dan lain-lain.

3. Hubungan Internasional
Jurusan Hubungan Internasional atau yang dikenal dengan jurusan HI ini merupakan salah satu jurusan yang paling bergengsi. Mahasiswa di jurusan ini akan diminta untuk mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan aktivitas interaksi lintas batas antar negara, seperti seni diplomasi, politik luar negeri, perdagangan luar negeri, ekonomi internasional, hukum internasional, dan globalisasi.

Prospek kerja: Konsultan Politik, diplomat, wartawan internasional, konsultan Imigrasi,dan lain-lain.

4. Akuntansi
Sebagai anak jurusan IPS di SMA, pasti sudah tidak asing lagi dengan jurusan akuntansi. Akuntansi adalah salah satu program/jurusan kuliah yang mempelajari tentang keuangan seperti prinsip akuntansi dan teori, akuntansi keuangan, akuntansi manajerial, akuntansi biaya, pengendalian anggaran, akuntansi pajak, dan lain-lainnya. Intinya, nanti di bangku kuliah akan mempelajari banyak hal mengenai keuangan khususnya di sebuah perusahaan.

Prospek kerja: Akuntan, pemeriksa keuangan, manajer keuangan, administrasi,dan lain-lain.

5. Manajemen perbankan
Jurusan IPS selanjutnya adalah jurusan manajemen perbankan. Jurusan ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terampil menangani aktivitas operasional perbankan yang mencakup pekerjaan teller, customer services, karyawan pembukuan unit giro, tabungan dan deposito, juga produk perbankan lainnya.

Prospek kerja: analisis keuangan, akuntan, analisis kredit, perpajakan,dan lain-lain.

6.Perhotelan dan pariwisata
Jurusan perhotelan dan pariwisata ini kental dengan jurusan-jurusan yang identik diisi oleh mahasiswa dari lulusan SMA IPS. Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari segala hal yang terkait dengan pariwisata, rekreasi, dan penginapan atau akomodasi.

Prospek kerja: pegawai di bidang perhotelan dan kapal pesiar, biro perjalanan wisata,perusahan objek dan daya tarik wisata, konsultan perjalanan wisata, maskapai penerbangan, maupun membuka usaha sendiri.

7. Hukum
Jurusan hukum juga merupakan salah satu jurusan yang paling sering dicari di perkuliahan. Jurusan ini cocok bagi yang memiliki kepedulian dengan hukum Indonesia. Kamu akan belajar banyak hal mengenai peraturan hukum di Indonesia maupun luar negeri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0967 seconds (0.1#10.140)