Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah versi Lengkap, Bisa Dikirim lewat WhatsApp

Sabtu, 08 Januari 2022 - 08:14 WIB
loading...
Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah versi Lengkap, Bisa Dikirim lewat WhatsApp
Surat izin tidak masuk sekolah karena sakit. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sekolah di DKI Jakarta sudah memberlakukan pembelajaran tatap muka (PTM) kapasitas 100% mulai Senin (3/1) lalu. Namun, tak sedikit siswa yang harus berhalangan hadir pada kegiatan belajar mengajar karena berbagai alasan.

Ada yang karena sakit atau karena ada urusan keluarga . Tak jarang orang tua bahkan siswa sendiri memberikan surat izin tidak masuk kelas kepada guru atau wali kelas.



Namun, lantaran saat ini kegiatan belajar mengajar belum sepenuhnya dilakukan di sekolah dan dilakukan secara online, tak sedikit yang lantas harus mengirimkan surat izin melalui pesan singkat.

Meski dikirim melalui pesan singkat, surat izin tidak masuk sekolah tetap harus terkesan sopan, berisi keterangan penting seperti nama dan juga kelas serta mengikuti kaidah EYD yang tepat.

Melansir dari buku Keterampilan Menulis Surat: Bagi Pendidik dan Umum oleh Sri Dinanta Beru Ginting, S.Pd, dkk, surat izin tidak masuk sekolah bersifat resmi karena isi surat ditujukan kepada sebuah organisasi atau lembaga. Dalam hal ini, lembaga yang dimaksud adalah sekolah.



Cirinya, dari surat ini biasanya tidak menggunakan kop surat atau kepala surat dan nomor surat, salam pembuka dan penutup bervariasi menggunakan bahasa resmi, dan bahasa yang digunakan bersifat baku karena berfungsi menyampaikan suatu keadaan yang resmi.

Berikut ini contoh-contoh surat izin tidak masuk sekolah yang dikirimkan lewat pesan singkat WhatsApp.

1. Surat izin tidak masuk sekolah karena sakit demam
Surakarta, 24 Mei 2013
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2571 seconds (0.1#10.140)