Persoalan Stunting di Indonesia Bisa Diatasi dengan Edukasi Gizi dan Pendidikan

Minggu, 30 Januari 2022 - 15:30 WIB
loading...
A A A
Mengingat banyak guru yang berada di daerah 3T maka sebelum pandemi pihaknya melakukan pendidikan dan pelatihan secara jarak jauh. "Pada 2022 kita lanjutkan pendampingan ke 14 kabupaten," imbuhnya.

SEAMEO RECFON pun rutin menggelar pertemuan berkala secara jarak jauh, katanya, untuk memberi kesempatan kepada sekolah yang sudah diberi pendampingan menceritakan kembali praktik baik ke sekolah lain agar edukasi gizi ini bisa dicontoh sekolah lain.

Sementara itu dalam policy brief terbaru yang diluncurkan SEAMEO RECFON di awal 2022 ini, terdapat beberapa rekomendasi penting terkait penguatan strategi kampanye nasional dan pendampingan daerah mengenai stunting.

Dalam rangka penguatan strategi kampanye nasional perlu dilakukan perluasan target sasaran kampanye dan edukasi pada seluruh anggota keluarga, penguatan materi dan perbaikan narasi terhadap kerangka konsep penyebab stunting sampai ke akar masalah, serta penguatan materi dan perbaikan narasi tentang hubungan stunting dan konsumsi tembakau pada keluarga.

Sementara, dalam rangka peningkatan pendampingan OPD, lintas Kementerian/Lembaga (K/L) perlu melakukan kampanye dan edukasi Kesehatan nasional dengan penekanan pada pentingnya kerjasama lintas sektoral, peluang penggunaan sumber dana lain, termasuk DBHCHT dalam upaya pengentasan stunting di Provinsi, Kabupaten/Kota di Indonesia.

SEAMEO RECFON juga merekomendasikan perlunya panduan evaluasi spesifik bagi OPD untuk mendapatkan masukan yang diperlukan dalam perencanaan dan penganggaran program pengentasan stunting pada tahun berikutnya.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3257 seconds (0.1#10.140)