Pandemi, FT UP Gelar Perkuliahan Daring dan Luring dengan Prokes Ketat

Kamis, 03 Februari 2022 - 14:42 WIB
loading...
Pandemi, FT UP Gelar Perkuliahan Daring dan Luring dengan Prokes Ketat
Webinar Kreativitas Tanpa Batas FT UP. Foto/tangkapan layar zoom
A A A
JAKARTA - Berbeda dengan jurusan lain mahasiswa jurusan teknik membutuhkan kuliah praktikum untuk mendapat pendidikan secara maksimal. Pada masa pandemi ini Fakultas Teknik Universitas Pancasila (UP) pun menyelenggarakan kuliah daring dan juga praktikum secara luring dengan protokol kesehatan ketat.

Dosen FT UP Ilhamsyah Akbar mengatakan, pada masa pandemi mahasiswa pun tidak mendapatkan pendidikan secara normal seperti biasanya karena harus mendapatkan pengajaran secara daring.



Namun, katanya, hal tersebut bukanlah menjadi kendala bagi mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pancasila. Sebab pihaknya menyelenggarakan pembelajaran hybrid atau gabungan daring dan luring.

Ilhamsyah menjelaskan, untuk mata kuliah yang bersifat teoritis pihaknya menggunakan sistem kelas online bagi mahasiswa dengan fasilitas Learning Management System (LMS) yang mumpuni.

"LMS ini website sapu jagadnya UP. Bisa absen, dosen mengunggah materi, mahasiswa menjawab materi, kuis dan penilaian, dosen membagikan link untuk online class semua dilakukan di satu website yang dimiliki UP," katanya pada webinar Kreativitas Tanpa Batas FT UP.



Sedangkan untuk kelas praktikum, jelasnya, dilakukan dengan luring atau offline. Di mana setiap mahasiswa yang praktikum akan diberikan fasilitas swab antigen agar tidak terjadi penularan virus Covid-19.

Selain itu, katanya, praktikum juga akan dijalankan dengan protokol ketat. Yakni semua mahasiswa dan dosen wajib memakai masker, menjaga jarak dan juga kelas shift serta batasan jumlah orang agar tidak terjadi kerumunan.

Ilhamsyah menjelaskan, FT UP menyediakan prodi teknik untuk sarjana yakni Arsitektur, Teknik Informatika, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Elektro dan Teknik Industri.

Sedangkan untuk jenjang DIII ada Teknik Elektro dan Teknik Mesin. Sementara untuk program magister ada Teknik Mesin. Dia menjelaskan, pihaknya juga sedang mengusulkan Prodi Baru yang sudah yakni Teknik Perkeretaapian S1, Rekayasa Infrastruktur S2 dan Teknik Mesin (S3).

Dia menerangkan, kampus juga memberikan mahasiswanya untuk mengikuti program Kampus Merdeka Kemendikbudristek. Hak sebanyak 20 SKS untuk belajar di luar program studi yang bisa diikuti siswa seperti pertukaran mahasiswa merdeka, magang bersertifikat, kewirausahaan, kampus mengajar, penelitian dan proyek mandiri.

Sementara, Wakil Dekan FT UP Dwi Rahmalina menjelaskan, FT UP memiliki keunggulan lain yang perlu diketahui calon mahasiswa baru. "Yaitu memiliki Edu Techno Park sebagai etalase produk teknologi dan mengedepankan riset berbasis SDGs dan Green Campus," pungkasnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9300 seconds (0.1#10.140)