Mau Kuliah di Korea? Inilah 5 Universitas Terbaik di Korsel

Jum'at, 04 Februari 2022 - 16:27 WIB
loading...
A A A
SKKU menjadi universitas pertama di Korea Selatan yang menawarkan kelas MBA dalam Bahasa Inggris secara penuh. Universitas terbaik ketiga ini terbagi menjadi dua kampus, kampus di Seoul untuk Ilmu Sosial dan Humaniora, sedangkan kampus di Suwon untuk Ilmu Sains.

Sebagai universitas tertua yang telah berdiri sejak era Dinasti Joseon, SKKU telah menghasilkan banyak alumni yang terkenal, seperti Song Joong Ki, Cha Eun Woo, dan Krystal Jung.

4. Yonsei University (Kampus Seoul)

Universitas Yonsei merupakan universitas kristen swasta yang berlokasi di Seoul, Wonju, dan Songdo. Universitas Yonsei tergabung dalam SKY Universities, yaitu julukan bagi tiga universitas paling bergengsi di Korea Selatan bersama SNU dan Korea University.

Banyaknya mahasiswa yang berasal dari berbagai negara membuat Yonsei mengadakan tiga program khusus yang bisa dipilih oleh para mahasiswa internasional, yaitu Yonsei International Summer School, Winter Abroad at Yonsei, dan Study Abroad at Yonsei.

Selain itu, terdapat lebih dari 100 klub bagi mahasiswa, atau di Indonesia disebut dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Salah satu tokoh terkenal yang merupakan lulusan dari universitas ini adalah Park Jin Youn pendiri JYP Entertainment.

5. Ulsan National Institute of Science and Technology (UNIST)

UNIST merupakan salah satu universitas yang terbilang sangat muda, karena baru diresmikan pada tahun 2019. UNIST terletak di Ulsan, yaitu pusat industri Korea Selatan. Penelitian yang dilakukan oleh UNIST berfokus pada kemajuan sains dan teknologi.

Kelas terbanyak yang dimiliki universitas ini adalah teknik, fisika, matematika, ilmu komputer, dan kelas sains lainnya.

Uniknya, seluruh kelas dibawakan dalam Bahasa Inggris, sehingga UNIST adalah satu-satunya universitas yang menerapkan Bahasa Inggris secara penuh dalam perkuliahannya.



Nah, dari kelima universitas di atas, mana yang menjadi incaranmu? Yang perlu diingat, dengan kualitas pendidikan Korea Selatan yang tinggi, persaingan untuk memperebutkan kursi sebagai mahasiswa tentu sangat ketat.

Selain semangat dan tekad, kamu juga perlu mempersiapkan diri dengan baik, termasuk mempelajari budaya dan bahasa lokal.

Meskipun sebagian universitas ini menyampaikan materi dalam Bahasa Inggris, ada baiknya kamu untuk menguasai Bahasa Korea dasar jika ingin serius menempuh pendidikan di Korea Selatan.

Bagaimanapun, pemahaman ini akan berguna saat kamu harus berinteraksi dengan warga lokal, membaca petunjuk jalan, hingga memahami informasi yang disampaikan dalam Bahasa Korea.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5160 seconds (0.1#10.140)