Calon Mahasiswa, Ini 10 Jurusan IPS Paling Diminati di SNMPTN-SBMPTN 2021

Rabu, 16 Februari 2022 - 14:47 WIB
loading...
A A A
Sejumlah profesi mentereng bisa dipilih lulusan ini seperti pejabat, dosen, PNS, jurnalis, dan bahkan mendominasi Kementerian Luar Negeri.

4. Jurusan Bisnis dan Manajemen
Anak muda sekarang sudah banyak yang tidak menjadi karyawan namun berani membuka lapangan kerja baru. Itu sebabnya jurusan ini cocok bagi anak IPS yang ingin menjadi pebisnis atau entrepreneur atau pebisnis.

Namun jurusan ini tidak hanya membuka wawasan untuk berbisnis tetapi juga memiliki prospek kerja menarik di masa depan. Mereka akan mempelajari tentang keuangan, bisnis, ekonomi, inflasi, wirausaha dan lain-lainnya. Rintisan karier yang bisa ditekuni seperti analisis investasi, akuntan, penasihat keuangan, perpajakan, pebisnis, dan masih banyak lagi.

5. Jurusan Jurnalistik/Broadcasting
Dunia pertelevisian dan media massa yang semakin pesat membutuhkan orang-orang kreatif di dalamnya. Itu sebabnya jurusan jurnalistik/broadcasting tingkat persaingan menjadi mahasiswa jurusan ini selalu ketat di sejumlah perguruan tinggi.

Program studi jurnalistik ini akan membantu mengasah seluruh pemikiran kamu, gak hanya menjadi lebih kritis secara pemikiran, tapi kamu juga akan mendalami ilmu penulisan, public speaking, dan juga pemecahan masalah.

Saat lulus menjadi mahasiswa jurnalistik nanti, kamu juga bisa menjalani berbagai profesi seperti wartawan TV, koran, atau radio, editor media, konten kreator, analisis media, peneliti, dan profesi-profesi lainnya.

6. Jurusan Ilmu Politik
Kalau jurusan kuliah untuk anak IPS yang satu ini cocok banget bagi mereka yang ingin menjadi anggota parlemen atau politisi. Ilmu politik adalah bidang yang sangat menarik untuk ditekuni karena akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti sosiologi, antropologi, Hak Asasi Manusia (HAM) juga sistem politik luar negeri.

Meskipun terdengar berat, tapi peluang karir yang ada di jurusan ilmu politik ini tidak hanya membawa lulusannya menjadi politikus saja, dengan minat dan bakat yang cukup lulusannya bisa menjadi analisis politik, dosen, peneliti, pengamat politik, bahkan berkarya di bidang lain seperti ekonomi dan bisnis.

7. Jurusan Sosiologi
Jurusan kuliah untuk anak IPS yang selanjutnya adalah jurusan ilmu sosiologi. Ilmu sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang interaksi antara satu orang dengan yang lainnya serta bagaimana sebuah struktur sosial terbentuk di dalam masyarakat.

Lulus sebagai mahasiswa sosiologi, pastinya akan lebih banyak mendedikasikan diri untuk membantu masyarakat, seperti dosen atau peneliti, bergabung dengan lembaga-lembaga sosial, dan profesi lain yang berkaitan dengan pembangunan sosial.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2222 seconds (0.1#10.140)