Calon Mahasiswa, Ini 17 Jurusan Teknik yang Paling Dibutuhkan Dunia Kerja

Senin, 21 Februari 2022 - 08:24 WIB
loading...
A A A
10. Arsitektur
Arsitektur termasuk jurusan di bidang teknik yang terbilang unik, karena tak hanya mempelajari hal teknis pada bangunan tetapi juga memperhatikan sisi estetikanya. Mahasiswa Arsitektur mempelajari tentang desain dan rancangan konstruksi bangunan.

Arsitektur akan menuangkan ide, konsep dan desain, sedangkan untuk realisasi pembangunannya akan dikerjakan oleh Teknik Sipil. Menjadi seorang arsitek mempunyai prospek karier yang cerah. Kamu bisa bekerja hampir di semua perusahaan properti dan konstruksi.

11. Teknik Biomedik
Jurusan teknik yang satu ini masih ada hubungannya dengan dunia medis. Kamu akan dibekali ilmu tentang sains, kesehatan, dan teknologi kedokteran. Fokus keilmuwan tadi menjadi daya tarik dari jurusan ini, apalagi prospek kerja di bidang kesehatan dan teknologi memiliki peluang yang cukup besar.

Lulusan dari jurusan Teknik Biomedik bisa berkarier di laboratorium kesehatan, instansi pemerintahan, perusahaan farmasi, lembaga penelitian, hingga pengembang perangkat lunak untuk kesehatan.

12. Teknik Informatika
Teknik Informatika bisa dibilang kombinasi antara Software Engineering dan Computer Science. Makanya, ada beberapa kampus yang memberikan nama jurusan ini dengan Ilmu Komputer. Jurusan ini akan lebih banyak mempelajari praktek dibanding teori misalnya mempelajari proses sebuah software bekerja hingga membuatnya.

Mata kuliah yang dipelajarin mulai dari perhitungan, berbagai bahasa pemrograman sampai yang sifatnya mengarah ke pengembangan apllikasi, alogritma komputer, hingga kecerdasan buatan. Karena itu, mahasiswa di sini bakalan ditempa logikanya. Bagaimana cara berpikir secara runut dan rapi, supaya si program bisa berjalan maksimal dan efektif. Bagi beberapa kampus, jurusan ini masuk ke Fakultas Teknik, tapi ada juga yang di Fakultas Ilmu Komputer.

13. Teknik Penerbangan
Jurusan Teknik Penerbangan atau yang biasa disebut teknik dirgantara merupakan jurusan yang mempelajari tentang ilmu keteknikan pesawat, penerbangan, dan kedirgantaraan. Singkatnya, jurusan ini akan belajar mengenai cara merancang, membuat, hingga mengoperasikan pesawat terbang, pesawat luar angkasa, satelit, dan roket.

Lulusan Teknik Penerbangan bisa menjadi seorang insinyur profesional di berbagai industri penerbangan seperti Perusahaan AirNav Indonesia dan Angkasa Pura I & II. Selain itu, lulusan jurusan ini juga bisa bekerja di lembaga penelitian (LAPAN, Dislitbang AU, dan Puspiptek), pendidikan (Sekbang-AU, dan Universitas penerbangan) bahkan pemerintahan (Kementerian Perhubungan Republik Indonesia).

Selain itu juga punya kesempatan untuk bekerja di industri manufaktur pesawat dunia seperti United Aircraft Building Corporation di Rusia, Boeing di Amerika Serikat, EADS dan Airbus di Jerman, serta São José dos Campos di Brasil di mana pesawat Embraer diproduksi.

14. Teknik Fisika
Di jurusan Teknik Fisika, tidak hanya belajar tentang teori Fisika, tetapi juga akan belajar soal pemrograman, elektronika, sipil, kimia, material, dan lainnya. Selain itu, Teknik Fisika juga mempelajari hal-hal seperti perencanaan, desain, konstruksi atau manajemen alat-alat berat. Untuk itulah seorang mahasiswa Teknik Fisika akan memperoleh berbagai pengetahuan mengenai ilmu-ilmu dasar (kimia, fisika, dan matematika) serta ilmu-ilmu keteknikan (teknik mesin, teknik elektro, teknik kimia, teknik material).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1114 seconds (0.1#10.140)