Rizki Shebubakar, Milenial Lulusan ITB di Balik Proyek Terowongan MRT Fase 2

Sabtu, 26 Februari 2022 - 16:17 WIB
loading...
A A A
Shebu bercerita, tulis Anies di Instagramnya, tantangannya berbeda dengan masa pengerjaan fase 1 dulu. Kali ini dia bekerja sambil kuliah malam S2 double degree MM & MBA di Universitas Indonesia - IAE Grenoble.

"Tantangan lain, jalur MRT fase 2 ini banyak melewati area cagar budaya, khususnya di Kota Tua. Shebu dan tim mengajak arkeolog untuk mendiskusikan proyek dari sisi arkeologisnya," ucap Anies.

Anies juga memperkenalkan rekan-rekan Shebu yang rata-rata diisi anak muda usia 20-30 tahun. Semuanya merupakan lulusan dari perguruan tinggi dalam negeri.

Baca juga: Intip Skor Nilai UTBK UI untuk Bisa Lolos Jalur SBMPTN 2022

"Rekan-rekan Shebu di tim MRT Jakarta juga rata-rata diisi anak muda usia 20-30an tahun. Dalam foto pertama, dari kiri ke kanan: Farhan (25), Angga (34), Shebu (33), Adit (30), Pungki (24) dan Ricky (32). Semuanya lulusan dari perguruan tinggi dalam negeri," ucap Anies.

Anies pada Kamis 24 Februari 2022 mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau proyek MRT Fase 2A Bundaran HI-Kota dan peresmian Tunnel Boring Machine.

Melansir dari laman ITB, Teknik Sipil merupakan ilmu terapan yang mencakup teknologi merancang, membangun, dan memelihara serta memperbaiki bangunan. Namun tidak hanya bangunan rumah sederhana dan gedung bertingkat, namun juga mereka yang berperan dalam konstruksi lain.

Seperti pembangunan jembatan, bendungan, hingga bangunan sarana dan prasarana transportasi, pengairan, prasarana produksi, hingga bangunan-bangunan lepas pantai seperti pada fasilitas pengeboran minyak lepas pantai, serta berbagai fasilitas pembangkit dan transmisi energi.

Ilmu-ilmu lain yang akan dipelajari banyak terkait dengan ilmu fisika terapan, terutama ilmu mekanika. Selain itu juga dituntut menguasai prinsip-prinsip matematika dengan baik.

Seorang sarjana Teknik Sipil memiliki prospek kerja yang sangat luas di dalam maupun di luar negeri, antara lain:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1360 seconds (0.1#10.140)