Seleksi Fasilitator Program Sekolah Penggerak Dibuka, Seperti Ini Tugasnya

Kamis, 24 Maret 2022 - 12:35 WIB
loading...
A A A
Baca juga: Bekali Masa Depan Pelajar, Pemprov Jabar Terapkan 3 Kurikulum Baru

“Fasilitator ditantang untuk mengimplementasikan pengetahuan tentang struktur dan peningkatan (upgrade) pengetahuan tentang kurikulum merdeka, paradigma pendidikan terbaru, dan melakukan melakukan kerja kolaborasi antarsekolah, satuan pendidikan, komunitas, bahkan sampai ke orang tua murid,” jelasnya.

“Kita harus mencari desain ideal implementasi di tiap-tiap sekolah karena masing-masingnya unik,” imbuh Ericka yang juga merupakan akademisi di Universitas Tidar, Magelang.

Selain itu Ericka menjelaskan bahwa sebelum proses tersebut, para fasilitator telah diberikan bekal pengembangan andragogi dan pedagogi sebelum turun ke lapangan. “Jadi fasilitator termasuk yang beruntung karena mengetahui lebih awal detail informasi awal prosedur implementasi kurikulum merdeka. Fasilitator juga mendapat bekal keilmuan mengenai ragam informasi paradigma baru ilmu pengetahuan yang bahkan tidak di dapat di bangku perkuliahan,” lanjut Ericka.

Hal yang sama diungkapkan Maryati, fasilitator wilayah Kabupaten Bogor yang juga merupakan seorang guru di SMP Lazuardi GCS, Kota Depok. Maryati merasakan kemampuannya dalam pendampingan bertambah setelah mengikuti bimbingan teknis fasilitator Program Sekolah Penggerak. “Terutama kemampuan saya dalam bertanya dan menyadari bahawa saya berlaku sebagai seorang coach. Saya lebih bisa membuat dan mengarahkan pertanyaan ke dalam bentuk-bentuk diskusi mendalam terkait persoalan sekolah,” katanya.

Maryati yang menjadi fasilitator untuk lima sekolah tersebut menyatakan selama menjalankan tugas, ia melihat bahwa sekolah atau kepala sekolah benar-benar berharap seorang fasilitator menjadi sumber solusi dari persoalan sekolah. “Kita menyadari sebagai fasilitator, berusaha menggali dan memaksimalkan potensi sebuah sekolah hingga elemen sekolah tersebut terbiasa nantinya untuk meng-coach diri mereka sendiri. Prosedurnya kita ikuti apa yang sudah diajarkan dalam bimtek, mulai analisis masalah, kalibrasi, dan seterusnya,” terang Maryati yang menyatakan bahwa banyak sekali pengalaman yang dirasakan selama ia menjadi fasilitator.

Informasi pendaftaran fasilitator Program Sekolah Penggerak ini dapat dilihat lebih lanjut pada laman berikut: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/programsekolahpenggerak/pelatihahli/.
(nz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2245 seconds (0.1#10.140)