Unesa Bagikan Tips Pilih Prodi hingga Kiat Sukses UTBK SBMPTN

Jum'at, 01 April 2022 - 16:45 WIB
loading...
Unesa Bagikan Tips Pilih Prodi hingga Kiat Sukses UTBK SBMPTN
Tips pilih prodi dan kiat sukses UTBK SBMPTN dari Unesa. Foto/Ilustrasi/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( UTBK-SBMPTN ) sudah dibuka sejak 23 Maret-15 April 2022.Salah satu tahapan dalam pendaftaran jalur ini yaitu peserta wajib memilih program studi (prodi). Bagi calon pendaftar UTBK SBMPTN yang masih bingung memilih prodi, Universitas Negeri Surabaya ( Unesa ) membagikan tips mengatasinya.

Berbeda dengan SNMPTN, UTBK SBMPTN adalah jalur penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri yang seleksinya menggunakan tes. Tingkat persaingannya ketat karena biasanya ada ratusan ribu pendaftar yang bertarung memperebutkan kursi di PTN impian. Oleh karena itu, selain tips memilih prodi simak juga bagaimana kiat menaklukkan UTBK SBMPTN berikut ini.

1. Kenali Diri Sendiri

Kaprodi Bimbingan Konseling Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Retno Tri Hariastuti menjelaskan, memahami diri dan potensi diri penting dilakukan sebelum menentukan jurusan atau prodi apa yang dipilih. Bagian ini ada beberapa hal yang perlu diidentifikasi. Utamanya minat dan bakat.

Baca: Calon Mahasiswa, IPB Bersiap Buka Fakultas Kedokteran

“Cobalah bertanya pada diri sendiri, apa aktivitas kesukaan atau hobi kita selama ini? Kita biasanya mahir di bidang apa? Lalu, profesi atau pekerjaan apa yang paling kita sukai nanti?,” ujarnya, dikutip dari laman Unesa, Jumat (1/4/2022).

Jika merasa suka menulis atau desain, pilihlah jurusan atau prodi yang berkaitan dengan kepenulisan atau desain. Jika merasa senang dan punya kemampuan public speaking dan tampil di depan umum, ambilah jurusan yang linear dengan itu. Jika senang olahraga, punya kemampuan olahraga dan ingin berkarier bidang olahraga, prodi keolahragaan bisa jadi tempat berlabuh.

2. Saran Orang Terdekat

Kemudian, jika masih ragu dengan potensi serta bakat sendiri. Cobalah meminta saran atau masukan dari orang tua atau orang terdekat. Bisa juga berdiskusi dengan guru. Ini bisa membantu.

3. Identifikasi Prodi
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2103 seconds (11.210#12.26)