Unesa Bagikan Tips Pilih Prodi hingga Kiat Sukses UTBK SBMPTN

Jum'at, 01 April 2022 - 16:45 WIB
loading...
A A A
Setelah memahami potensi diri, lanjut Retno Tri Hariastuti, selanjutnya yaitu mencari tahu prodi yang berkaitan dengan potensi peserta dan apa saja yang dipelajari di prodi tersebut. Jika peserta punya kemampuan, minat dan ingin berkarier di bidang olahraga, kira-kira prodi mana yang berkaitan dengan olahraga.

Misalnya di Unesa ada prodi S-1 Ilmu Keolahragaan, S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga, pun ada S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi. Selain prodi tersebut, Unesa memiliki 71 prodi lain (total 74 prodi) yang bernaung di 7 fakultas.

“Jangan hanya berpikir bagaimana cara bisa lolos di prodi tertentu, tetapi pikirkan juga proses kuliah, lulus dan setelah lulus nanti,” tandasnya.

Baca juga: Keren, UGM Kini Punya Layanan Bus Listrik

4. Riset Keketatan Prodi

Buatlah daftar prodi-prodi yang berkaitan dengan kemampuan, minat dan karier masa depan. Lalu langkah berikutnya adalah riset keketatan prodi untuk mengetahui tingkat persaingan prodi-prodi dalam daftar pilihan dan sesuaikan dengan kemampuan. Biasanya, prodi dengan keketatan sedang atau rendah, peluang lolosnya lebih besar.

Ketua Satuan Admisi Unesa Sukarmin memaparkan, berkaca pada jalur SNMPTN 2022, 10 prodi dengan peminatan tertinggi di Unesa yaitu; S-1 Manajemen, S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, S-1 Psikologi, S-1 Gizi, S-1 Ilmu Komunikasi, S-1 Ilmu Hukum, S-1 Akuntansi, S-1 Ilmu Administrasi Negara, S-1 Bisnis Digital dan S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran. Untuk mengetahui persaingan prodi di Unesa bisa ke laman, admisi.unesa.ac.id.

5. Analisis Jenis Tes UTBK

Setelah menentukan prodi, peserta juga harus manganalisis jenis tes yang akan diujikan dalam UTBK. Ini bisa memudahkan dalam belajar dan menjawab soal-soal ujian. Adapun jenis tes yang dimaksud yaitu, Tes potensi skolastik (TPS), tes kemampuan Bahasa Inggris, dan Tes kemampuan akademik (TKA).

6. Perhatikan Portofolio
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1609 seconds (0.1#10.140)