Bagaimana Pilih Prodi yang Tepat? Psikolog Pendidikan UNS Sampaikan Tips Ini

Kamis, 21 April 2022 - 20:11 WIB
loading...
A A A
Baca juga: 13.826 Peserta Akan UTBK di Universitas Jember, Wajib Sudah Vaksin Booster atau Antigen

Peran serta Orang Tua

Orang tua turut memiliki peran yang cukup banyak dan penting dalam membantu kesuksesan anak mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru seperti sekarang. Afia menekankan perlu adanya dukungan oleh orang tua, terutama dalam memberikan motivasi. Tujuannya adalah agar anak tetap memiliki kepercayaan diri dan makin bersemangat dalam menjalankan proses seleksi.

Dukungan dapat diberikan dengan menjalin komunikasi yang intensif. Baiknya, menurut Afia, komunikasi intensif ini dilakukan jauh-jauh hari sebelum proses seleksi. Misalnya mendiskusikan proses, persiapan, bahkan kegalauan yang sedang dirasakan oleh anak.

“Upayakan komunikasi yang dilakukan tidak menekan, tidak membuat stres. Orang tua itu sebaiknya memberikan kesempatan bagi anak untuk menyampaikan keinginannya atau kegalauannya,” jelas Afia, dilansir dari laman resmi UNS, Kamis (21/4/2022).

Lebih lanjut Afia menjelaskan bahwa tugas orang tua adalah memberikan alternatif solusi untuk permasalahan yang dihadapi anak atas kebingungannya. Orang tua perlu menghindari perilaku menilai secara buruk keinginan anak terkait prodi pilihannya. Terkait hal ini, orang tua dapat memberikan pandangan mengenai masing-masing prodi pilihan anak. Pandangan tersebut dapat mencakupi kelebihan dan kekurangan atas pilihan anak tersebut.

“Jadi tidak langsung menilai buruk, tetapi memberikan gambaran mengenai pilihan anak tersebut. Positif maupun negatif,” tutur Afia.

Menyikapi Perbedaan Pendapat

Perbedaan pendapat antara orang tua dan anak memang lumrah terjadi, termasuk dalam hal memilih prodi. Pilihan orang tua terkadang memang hanya berdasar pada pandangan bahwa suatu prodi memiliki prospek pekerjaan yang lebih baik daripada pilihan anak. Perbedaan pendapat seperti ini, bagi Afia, perlu diselesaikan dengan baik agar hubungan dengan orang tua itu tetap harmonis.

“Hal yang perlu dilakukan adalah mengomunikasikan pilihan anak kepada orang tua dengan cara yang baik. Sampaikan pada orang tua apa yang kalian ketahui, semua pengetahuan yang anda miliki mengenai jurusan yang dipilih secara komprehensif termasuk prospek karier ke depan seperti apa. Sampaikan bahwa pilihan tersebut sudah sesuai dengan minat dan bakat anda,” jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1730 seconds (0.1#10.140)