Mau Jadi Mahasiswa Kedokteran? Ini Hal Penting yang Harus Kamu Tahu

Sabtu, 23 April 2022 - 19:31 WIB
loading...
Mau Jadi Mahasiswa Kedokteran? Ini Hal Penting yang Harus Kamu Tahu
Ilustrasi mahasiswa kedokteran. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Indonesia masih membutuhkan tenaga dokter dalam jumlah banyak. Oleh karena itu diperlukan mahasiswa kedokteran dengan kemampuan yang handal. Namun banyak orang bilang kuliah di kedokteran itu sulit.

Memang menjadi mahasiswa kedokteran itu dibutuhkan ketekunan dan tekad agar nantinya bisa lulus menjadi seorang dokter yang profesional. Oleh karena itu, bagi kalian calon mahasiswa baru yang ingin masuk jurusan kedokteran, perlu disimak beberapa informasi mengenai hal ini.

Jurusan kedokteran ini adalah salah satu jurusan yang mempelajari berbagai materi mengenai tubuh makhluk hidup, mulai dari fungsi, penyakit, dan pengobatannya. Bagi siswa jurusan IPA, terlebih penyuka biologi dan kimia pasti akan menemui pelajaran yang menyenangkan di jurusan kedokteran ini.

Melansir laman resmi Ruangguru, mahasiswa kedokteran akan menjalani berbagai materi dan sejumlah praktikum. Memang masih akan menemui mata kuliah umum di semester awal seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Pancasila, dan lain-lain.

Baca: Tanamkan Kecintaaan Seni Budaya melalui GSMS

Namun selanjutnya, mahasiswa kedokteran akan mempelajari mengenai Anatomi, Sel, Biomolekuler, Genetika & Imunologi Dasar, Kimia Medik, Ilmu Bedah,Mekanisme Penyakit, dan masih banyak lagi.

Untuk masa perkuliahan, normalnya masa perkuliahan hingga sarjana itu bisa ditempuh 3,5 hingga 4 tahun. Namun untuk mahasiswa kedokteran masa pendidikan untuk dapat menjadi seorang dokter terbilang cukup lama

Sebab nantinya ada beberapa tahapan yang akan mahasiswa kedokteran lalui hingga menjadi seorang dokter, mulai dari pendidikan profesi koas (co-ass), uji sertifikasi, hingga pendidikan spesialis yang dapat berlangsung selama 4-6 tahun.

Selain itu, jika ingin menjadi dokter harus mengambil jurusan apa di SMA? Maka jawabannya adalah kamu harus berasal dari Jurusan IPA. Berdasarkan Peraturan Konsil Kedokteran Indonesia Nomor 10 Tahun 2012 tentang Standar Pendidikan Profesi Dokter Indonesia, hanya lulusan IPA yang bisa mengikuti tes pendidikan kedokteran.

Lalu apakah lulusan SMK bisa masuk kedokteran?
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2478 seconds (10.101#12.26)