Mau Jadi Mahasiswa Kedokteran? Ini Hal Penting yang Harus Kamu Tahu

Sabtu, 23 April 2022 - 19:31 WIB
loading...
A A A
Secara umum Jurusan Kedokteran hanya terbuka bagi kamu yang lulusan IPA, khususnya di universitas negeri. Namun, untuk jurusan kesehatan lainnya seperti Keperawatan dan Kebidanan, kamu yang berasal dari SMK masih memiliki kesempatan.

Hal-hal yang harus kamu ketahui sebelum kuliah di Jurusan Kedokteran

1. Sistem Blok

Saat kuliah Kedokteran nanti, ada yang namanya Sistem Blok, yaitu pre-klinik dan klinik. Nah, pre-klinik dilaksanakan sebelum melakukan koas. Kamu akan disuguhi berbagai macam modul. Misalnya, di tahun pertama ada mata kuliah pengantar, seperti Biologi, Fisika, dan Kimia.

Ketiga pelajaran tersebut berbeda dari yang telah dipelajari ketika SMA, melainkan sudah fokus dengan semua hal tentang kedokteran. Contohnya, Fisika mempelajari radiologi dan Kimia mendalami biokimia.

Di tahun kedua dan ketiga, kamu akan mulai belajar modul organ. Dalam satu bulan akan dibahas satu organ secara detail from A to Z. Dimulai dari bagian terkecil hingga pengobatan untuk organ tersebut.

Ketika masuk masa pre-klinik sampai klinik, calon dokter akan mencoba ‘berinteraksi’ dengan pasien. Tapi sebelum bertemu pasien di stase klinik, pasiennya masih berupa mannequin dulu ya, bukan manusia sungguhan. Jadi, satu semester akan full ‘bermain’ dengan mannequin.

Saat masa klinik, sudah mulai masuk dunia koas dan praktik di rumah sakit. Setelah melalui tahap ini, lama-kelamaan rasa empatimu terhadap pasien juga akan meningkat, lho! Hal ini adalah modal penting untuk menjadi calon dokter.

Baca juga: Ini Sederet Nama Menteri Lulusan IPB University

2. Gelar Kedokteran
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1718 seconds (0.1#10.140)