7 Alasan Mengapa Kuliah S2 Itu Penting

Jum'at, 20 Mei 2022 - 07:42 WIB
loading...
7 Alasan Mengapa Kuliah S2 Itu Penting
Kuliah S2 itu memiliki beberapa keunggulan yang bisa dapatkan mahasiswa. Foto/usnews.com
A A A
JAKARTA - Kuliah S2 saat ini semakin banyak dipilih oleh lulusan sarjana setelah merayakan momen wisuda. Ada banyak alasan penting yang melandasi mereka setelah wisuda tidak langsung bekerja melainkan menempuh pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi lagi.

Bagi fresh graduate , langsung mempraktekkan ilmu yang didapat ke perusahan yang diimpikan juga menjadi jalan yang bisa ditempuh setelah lulus. Terlebih jika memang jurusan itu juga yang banyak yang diburu oleh perusahaan.

Namun bagi lulusan S1 atau sarjana yang lebih tertarik melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, itu pun tidak ada salahnya juga. Tuntutlah ilmu setinggi langit. Inilah yang mendasari banyak mahasiswa yang tidak hanya berhenti kuliah sampai S1 namun juga S2 dan bahkan berjuang sampai S3.

Baca: Prodi Keperawatan UEU Ciptakan Inovasi Model Homecare di Indonesia

Dikutip dari laman konsultan pendidikan luar negeri ICAN Education, berikut ini ada sejumlah keunggulan yang bisa kalian dapatkan dengan melanjutkan kuliah S2.

1. Meningkatkan skill dan kemampuan

Dengan melanjutkan pendidikan pada jenjang S2 sudah dapat dipastikan skill dan kemampuan yang dimiliki akan semakin meningkat. Hal tersebut di karenakan metode pengajaran dan pembelajaran yang diterapkan pada perkuliahan S2 memiliki standar tinggi, serta mahasiswa akan diajar oleh tenaga pengajar profesional yang ahli dibidangnya. Selama mengikuti perkuliahan, mahasiwa akan diberi tugas-tugas yang berbobot untuk semakin meningkatkan kemampuan mahasiswa.

2. Menunjukkan bahwa anda lebih unggul

Kebanyakan setiap orang yang akan kalian temui sekarang memiliki gelar sarjana, menjadikan hal ini semakin kompetitif dan lebih susah dalam mencari pekerjaan yang diidamkan. Untuk dapat lebih menonjol dari yang lain, gelar Master akan memperlihatkan bahwa kalian memiliki sesuatu yang lebih dibanding yang lain. Tentu saja selalu ada pertanyaan mengenai biaya, tetapi dengan banyaknya beasiswa yang tersedia, membuat pilihan Master layak dipertimbangkan.

3. Memperbesar peluang jodoh

Kalian jomblo pas kuliah sebelumnya? Nah, siapa tahu saat kuliah S2, kalian bisa menemukan pasangan yang cocok, entah itu teman kuliah S2 atau saudaranya, tetangganya, atau bahkan mantannya.

Baca juga: Wujudkan Kampus Bereputasi Internasional, Institut STIAMI Gelar Kuliah Umum

4. Posisi kerja dan gaji yang lebih tinggi

Lulusan Master yang mendaftar kerja mendapatkan level yang lebih tinggi, atau segera naik pangkat. Penelitian menunjukkan profesional dengan lulusan Master rata-rata, melakukan pekerjaan lebih baik daripada lulusan Sarjana. Ini menjelaskan mengapa pemberi kerja lebih mengutamakan pelamar dengan gelar pascasarjana.

5. Peluang lapangan kerja semakin banyak

Hal yang menarik ketika seseorang telah menyelesaikan kuliah S2 adalah prospek lapangan kerja yang akan menjadi semakin luas, ada banyak lapangan kerja yang tersedia bagi lulusan S2, apalagi jika jurusan kekhususan yang dipilih adalah jurusan yang banyak dibutuhkan dalam dunia kerja.

6. Menjadi bagian dari para intelek

Mengambil perkuliahan Master tentunya akan mengantarkan ke dunia para intelek, yang menyukai ilmu, memiliki banyak pengalaman menarik, serta latar belakang yang beragam. Mengenal lebih banyak orang berarti akan tahu lebih banyak, berkesempatan untuk membangun koneksi yang lebih luas, yang dapat digunakan untuk membantu karir kalian nanti.

7. Investasi yang berharga

Kuliah Master adalah investasi yang sangat pantas. Dalam satu tahun yang singkat, kalian akan mendapatkan pengalaman kerja, mengenal banyak orang, belajar menerapkan teori di dunia riil, membangun koneksi, sehingga kalian semakin siap untuk memasuki pasaran kerja yang kompetitif.
(nz)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1411 seconds (11.210#12.26)