Hari Kebangkitan Nasional, Ini Profil dr. Soetomo Pendiri Boedi Oetomo

Jum'at, 20 Mei 2022 - 08:59 WIB
loading...
A A A
Apalagi, dirinya mengetahui bahwa orang Belanda selalu menginginkan adanya penghormatan dan perlakuan lebih tinggi, meskipun jabatan seorang pribumi lebih tinggi darinya.

Baca juga: Mengenal Tugu Kebangkitan Nasional di Solo, Gumpalan Tanah Penjuru Nusantara Ditanam pada Pelataran Tugu

Soetomo resmi diterima sebagai siswa STOVIA pada 10 Januari 1903. Perjalanan Soetomo di STOVIA bukan berarti tidak menemui kendala. Di awal masa belajarnya, Soetomo terkenal sebagai anak pemalas yang sering membuat keributan.

Hal itu rupanya terjadi karena ia tinggal jauh dari orang tuanya yang membuatnya merasa sepi. Apalagi, STOVIA adalah sekolah dengan bentuk asrama. Mendengar anaknya tak baik dalam belajar, ayah Soetomo mengirimkan surat dan memotivasi sang putra.

“Ingat bangsamu. Bangsa yang dijajah Belanda. Mereka harus ditolong. Kalau bukan anak negeri yang menolong, siapa lagi? Kalau kamu berhasil menjadi dokter, kamu bisa berbuat banyak untuk banyak orang,” begitu kalimat yang diucapkan Raden Soewadji.

Setelah membaca surat itu, Soetomo berubah. Ia menjadi siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan cukup kritis. Hari-harinya dihabiskan untuk membaca buku-buku referensi di perpustakaan.

Ketika ada kesempatan pulang, ia selalu berdiskusi dan mengemukakan gagasannya kepada ayahnya. Namun, hal itu terhenti saat Raden Soewadji tutup usia pada 28 Juli 1907.

Setahun setelahnya, dr. Wahidin Soediro Hoesodo, alumni STOVIA, mengajak Soetomo untuk membentuk sebuah wadah atau organisasi bagi para bumiputera. Organisasi ini akan bergerak dalam bidang sosial dan mengumpulkan dana untuk para generasi muda Nusantara yang tidak memiliki cukup uang dalam melanjutkan pendidikannya.

Setelah melakukan beberapa kali diskusi, Soetomo mengiyakan ajakan Wahidin itu. Organisasi Boedi Oetomo yang berdiri pada 20 Mei 1908 itu berkembang menjadi lembaga pergerakan guna melawan penjajahan Belanda. Tanggal terbentuknya Boedi Oetomo kemudian diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional hingga sekarang.

Usai lulus dari STOVIA, Soetomo berkeliling ke daerah-daerah di Nusantara. Ia memberikan pengobatan gratis bagi masyarakat desa yang tidak memiliki akses kesehatan. Melansir Okezone, beberapa kota yang pernah ia singgahi adalah Semarang, Malang, Tuban, dan Lubuk Pakam di Sumatera.

Soetomo tidak mengharapkan apa pun dari kegiatannya itu. Ia hanya ingin memberantas penyakit, terutama wabah pes yang merajalela sekitar tahun 1910. Kedekatannya dengan masyarakat menjadikan Soetomo sebagai idola dan panutan yang sangat dibanggakan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0906 seconds (0.1#10.140)