10 Pilihan Jurusan Kuliah yang Tepat untuk Anak IPS

Jum'at, 27 Mei 2022 - 07:57 WIB
loading...
A A A
Siapa yang nonton drama Korea Law School terus tertarik untuk mengambil jurusan Hukum? Kamu sudah cukup familier dengan jurusan soshum yang satu ini. Belajar apa saja kalau kuliah Hukum? Sebagai contoh, mata kuliah jurusan Ilmu Hukum di Universitas Brawijaya, antara lain:

1. Hukum Negara
2. Hukum Adat
3. Hukum Perburuhan
4. Hukum dan Hak Asasi Manusia
5. Hukum Internasional
6. Hukum Lingkungan
7. Ilmu Perundang-Undangan

Secara lebih detail, ada juga mata kuliah pilihan yang bisa dipilih. Misal, konsentrasi Hukum Keluarga, maka ada beberapa turunan mata kuliah, seperti Hukum Perkawinan, Hukum Waris BW, Hukum Waris Adat, Perbandingan Hukum Perdata, dan Hukum Perdata Kontemporer.

5. Jurusan Psikologi

Jika kalian suka mendengarkan dan menjadi tempat andalan curhat teman-teman kalian maka mungkin cocok untuk mematangkan kemampuan mendengarmu ini di jurusan Psikologi. Soalnya, kamu ada bibit-bibit empati yang ‘biasanya’ anak Psikologi punya.

Namun kalian juga perlu tahu bahwa di jurusan Psikologi ini di universitas tertentu, seperti Universitas Padjajaran, masuk ke dalam rumpun saintek. Mata kuliah di jurusan Psikologi berkaitan erat dengan pola perilaku atau kebiasaan manusia yang berpengaruh terhadap kesehatan mental orang itu sendiri. Contohnya antara lain:

Baca juga: Mengenal 5 Kampus Hukum Terbaik di Dunia, Nomor 4 Eks Kampus Hillary Clinton

1. Psikologi Klinis
2. Psikologi Kepribadian
3. Psikologi Perkembangan Anak
4. Psikologi Budaya
5. Coaching dan Mentoring
6. Hambatan Perkembangan Anak dan Remaja
7. Psikologi Konsumen

6. Jurusan Akuntansi

Segala bentuk transaksi keuangan, debet kredit, laba, rugi, akan dipelajari di jurusan soshum ini. Termasuk ke dalam jurusan kuliah untuk anak IPS yang banyak diincar juga. Di jurusan Akuntansi juga mempelajari tentang ranah ekonomi lainnya, seperti bisnis dan juga perpajakan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2329 seconds (0.1#10.140)