Guru SMP Seluruh Indonesia Ikuti Pelatihan Literasi dan Numerasi

Senin, 30 Mei 2022 - 21:46 WIB
loading...
A A A
Quipper School Premium bertekad agar guru-guru yang mengikuti pelatihan ini dapat menilai sendiri pemahaman mereka terkait literasi dan numerasi. Oleh karena itu, pelatihan guru tidak terbatas pada sesi daring bersama fasilitator.

"Quipper School Premium memberikan kesempatan lebih banyak kepada guru untuk belajar," terang Riza Purnama, Quipper School Premium Manager dalam keterangan pers, Senin (30/5/2022).

Menurut Riza, teknologi juga dapat hadir sebagai solusi dalam melaksanakan pembelajaran yang melibatkan literasi dan numerasi. “Kami berharap guru-guru yang mengikuti pelatihan ini dapat memiliki pemahaman literasi dan numerasi yang kuat dan dapat menggunakan teknologi dalam mengimplementasikan pengajarannya,” tambahnya.

Pada rangkaian pelatihan guru oleh Quipper School Premium, Sofie Dewayani, Ph.D. memaparkan tentang Konsep dan Praktik AKM Literasi. Menurutnya, penerapan literasi dalam pembelajaran sebaiknya tidak selalu dengan memberikan soal-soal, namun dengan pendekatan, dan metode mengajar yang tepat.

"Dalam praktiknya, melatih proses berpikir siswa dengan pendekatan dan pemilihan metode mengajar yang tepat merupakan hal yang utama untuk mewujudkan siswa yang literat," tutur Sofie.

Di sisi lain, masih terdapat miskonsepsi numerasi yang diidentikkan hanya dengan kemampuan berhitung yang kaitannya dengan pelajaran matematika. Hal tersebut disampaikan Dicky Susanto, Ed.D. yang membawakan materi mengenai Implementasi Numerasi dalam Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka.

"Lebih luas lagi, numerasi merupakan kemampuan untuk bernalar dengan menggunakan konsep, prosedur, fakta, alat matematika, dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga numerasi bukan hanya tanggung jawab guru mata pelajaran matematika dan tidak sekedar belajar berhitung," ujar Dicky.

Semua guru tentu pernah mendengar tentang literasi dan numerasi, namun pada praktiknya masih banyak kebingungan saat guru akan melakukan pengajaran.

"Guru dituntut memahami apa saja kecakapan literasi dan numerasi yang menjadi tujuan pemerintah di jenjang SMP. Mengingat dua hal ini merupakan hal yang baru, guru masih membutuhkan panduan eksplisit sebagai acuan. Quipper School Premium berharap guru dapat mendapatkan informasi langsung dari para pemrakarsa melalui rangkaian pelatihan guru ini," tutup Riza.

Pelatihan Implementasi Literasi dan Numerasi Dalam Pembelajaran Bersama Quipper School Premium telah diikuti dari 134 sekolah di seluruh Indonesia. Pelatihan guru ini turut didukung oleh Canva, sebuah platform desain grafis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2979 seconds (0.1#10.140)