Semarakkan Bulan Bung Karno, UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Hadirkan Acara Menarik

Selasa, 07 Juni 2022 - 19:01 WIB
loading...
A A A
“Sehingga dapat mengambil buah pemikiran dan cita-cita luhur dari presiden pertama Republik Indonesia ini untuk kemajuan bangsa Indonesia ke depan dan kesejahteraan masyarakat pada umumnya,” tuturnya.

UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno juga turut melaksanakan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. Dalam program ini, perpustakaan dipusatkan sebagai kegiatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam rangka Bulan Bung Karno, diselenggarakan kegiatan Literasi Kopi dan Literasi Wastra Nusantara. Masyarakat akan diberikan pelatihan terkait kopi dan wastra oleh para pakar di bidangnya.

“Selama bulan Juni terdapat dua kegiatan literasi inklusi sosial yakni Literasi Kopi yang diselenggarakan pada 21-23 Juni 2022 dan Literasi Wastra Nusantara pada 27-29 Juni 2022. Peserta dalam kegiatan tersebut adalah masyarakat umum dengan target 100 peserta setiap kegiatan,” jelasnya.

Selain itu, kegiatan Internalisasi Pemikiran Bung Karno akan digelar pada 14 Juni 2022. Bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, kegiatan ini akan menghadirkan Kepala Perpusnas RI serta Wali Kota Blitar.

Bung Karno merupakan sosok yang lekat dengan seni dan budaya. Saat menjalani pengasingan di Ende dan Bengkulu, presiden pertama RI ini pernah membentuk grup sandiwara. Selain itu, dia juga merupakan pelukis dan kolektor karya seni rupa, gemar menonton wayang, film, serta pementasan tari.

Dalam memperingati Bulan Bung Karno, disediakan panggung khusus untuk Seni Budaya yakni Jaranan Pujo Waseso pada 28 Mei, Jaranan Banteng Muda pada 5 Juni, Musikalisasi Puisi pada 11 Juni, Keroncong Jatim 11-12 Juni, dan ditutup dengan Wayang Kulit pada 2 Juli.

Sebelumnya, pada 29 Mei-31 Mei dan 5 Juni 2022, diselenggarakan Safari Literasi yang dipusatkan di Amphiteater Perpustakaan Bung Karno. Safari Literasi memberikan wahana bagi generasi muda untuk berekspresi tentang pemikiran Bung Karno, khususnya Pancasila.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6122 seconds (0.1#10.140)