Ini Kisaran Biaya Kuliah 10 PTN Terbaik di Indonesia dari UI hingga Andalas

Rabu, 13 Juli 2022 - 17:51 WIB
loading...
A A A
Selanjutnya adalah Universitas Gadjah Mada (UGM) yang ada di Yogyakarta. Menurut informasi yang ada dalam laman resmi UGM, terdapat 8 golongan UKT (Uang Kuliah Tunggal) dan sesuai dengan kemampuan peserta didik.

Adapun biaya pendidikan yang wajib dibayarkan adalah Rp500 ribu per semester untuk golongan 1 dan maksimal Rp26 juta per semester untuk golongan 8. Jika dilihat dari daftar nominal UKT yang diberikan pihak UGM, golongan 1 dan 2 pada semua fakultas dipatok dengan harga sama, yakni Rp500 ribu serta Rp1 juta.

Perbedaan terjadi mulai dari golongan 3 hingga 8, tergantung kebijakan tiap-tiap fakultas. Fakultas Kedokteran adalah yang termahal mematok UKT untuk golongan 8, yakni Rp26 juta. Lain halnya dengan program studi Bahasa dan Kebudayaan Korea serta Pariwisata yang menjadi prodi dengan UKT termurah di UGM (untuk golongan 8). Sebab, program studi tersebut hanya mematok tarif Rp8 juta per semester.

3. Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung

Salah satu perguruan tinggi negeri terkenal di Bandung, Institut Teknologi Bandung (ITB), mematok uang kuliah sebesar Rp1 juta per semester untuk golongan UKT 1. Bagi mahasiswa yang masuk dalam golongan UKT tertinggi, yakni golongan 5, mahasiswa wajib membayar uang kuliah sebesar Rp25 juta per semester.

ITB memiliki banyak fakultas yang memang fokus kepada teknik. Contohnya adalah Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM), Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB), Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), dan Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan atau FTSL, serta masih banyak lagi. Masing-masing fakultas memiliki setidaknya 2 sampai 5 program studi.

4. IPB University, Bogor

IPB University di Bogor masuk dalam jajaran PTN terbaik di Indonesia. Sama seperti PTN lain, UKT golongan diterapkan di IPB untuk memastikan berapa biaya kuliah yang harus dibayarkan mahasiswa. Menurut informasi biaya kuliah yang disampaikan IPB dalam laman resminya, kampus ternama itu memberlakukan 5 golongan UKT.

Di golongan pertama, mahasiswa wajib membayar Rp2.400.000 per semester. Sementara itu, mahasiswa yang masuk dalam golongan 5 diwajibkan untuk membayar uang kuliah sebesar Rp10 juta sampai Rp12 juta per semester. Fakultas Kedokteran Hewan atau FKH adalah fakultas di IPB yang paling mahal mematok uang kuliah, yakni Rp12 juta.

Sampai hari ini, IPB tercatat memiliki 9 fakultas dan 1 sekolah bisnis. Adapun daftar fakultas di IPB adalah Fakultas Ekologi Manusia, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Fakultas Teknologi Pertanian, FMIPA, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Peternakan, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Kehutanan dan Lingkungan, serta Fakultas Pertanian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1088 seconds (0.1#10.140)