Jurusan Teknik Informatika dan Teknik Komputer, Ini Perbedaannya

Senin, 01 Agustus 2022 - 00:17 WIB
loading...
A A A
Departemen teknik komputer masuk ke dalam disiplin ilmu yang dapat diwujudkan ke teknologi dan ilmu pengetahuan. Dimulai dari desain, membangun, implementasi, memelihara hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak).

Sedangkan pada teknik informatika yakni departemen informastika merupakan disiplin ilmu dengan fokus pengembangan sistem berbasis komputer beserta segala ketrampilan pemrograman, kecerdasan buatan dan jaringan komputernya.

2. Kecenderungan

Teknik informatika cenderung ke implementasi dibandingkan dengan teori. Berfokus pada pembuatan aplikasi meskipun teori tetap dibahas tapi tidak mendalam. Sehingga skripsi jurusan teknik informatika wajib membuat aplikasi.

Sedangkan teknik komputer cenderung ke sains atau pengetahuan tentang komputer dibandingkan dengan pembuatan aplikasi.

Jurusan ini lebih ke arah konsep pemikiran, bagaimana cara membuat sebuah aplikasi dan sebagainya. Sehingga, skripsi di jurusan teknik komputer tidak mewajibkan pembuatan aplikasi melainkan pembahasan teori.

3. Fokus Studi

Fokus studi dari kedua jurusan itu jelas berbeda. Teknik informatika lebih berfokus pada praktik dan studi lapangan agar nantinya bisa menjadi pekerja IT yang handal misalnya dalam pembuatan aplikasi.

Teknik komputer berfokus strategi dan teori penerapan ilmu komputer seperti analisis dan teknik pemrograman software.

4. Perbedaan Kurikulum
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1665 seconds (0.1#10.140)