10 Universitas dari Luar Pulau Jawa Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2022

Kamis, 01 September 2022 - 12:03 WIB
loading...
A A A
Dikutip dari laman resmi Webometrics, berikut 10 profil universitas terbaik di luar Pulau Jawa versi Webometrics edisi Juli 2022:

1. Universitas Syiah Kuala - Peringkat 1228

Universitas Syiah Kuala (USK) adalah perguruan tinggi negeri tertua yang berada di Aceh dan telah terakreditasi A. Berdiri sejak tanggal 2 September 1961 hingga kini Universitas Syiah Kuala telah memiliki 7 program studi dengan 12 Fakultas dan Program Pascasarjana (S2).

Tidak banyak orang yang tahu ternyata sejak berdirinya kampus ini di Aceh, Universitas ini dijuluki dengan sebutan “Jantong Hatee Rakyat Aceh”. Selain itu, dari publikasi Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi di Indonesia yaitu Webomertrics 2022, Universitas Syiah Kuala masuk ke dalam peringkat ke-8.

2. Universitas Andalas - Peringkat 1830

Universitas Andalas adalah perguruan tinggi negeri pertama kali yang dibangun di Pulau Sumatera dan Universitas ini sebagai salah satu Universitas kebanggaan yang dimiliki oleh masyarakat Sumatera Barat karena pasalnya pada masa penjajahan golongan intelektual dan cendekiawan yang peduli dengan anak bangsa.

Asal muasal Universitas Andalas diambil dari nama Pulau Sumatera pada tahun 1956 yang terkenal dengan nama Pulau Andalas. Universitas terbaik yang ada di Indonesia ini telah memiliki 15 Fakultas (Pertanian, Hukum, Kedokteran, Matematika & Ilmu Pengetahuan, Ekonomi, Peternakan, Ilmu Budaya, Ilmu Sosial & Politik, Teknik, Farmasi, Teknologi Pertanian, Keperawatan, Kesehatan Masyarakat, Teknologi Informasi dan Kedokteran Gigi) dan Program Pascasarjana (S2).

Berdasarkan data dari Webomertrics 2022, Universitas Andalas masuk ke dalam top ranking 12 dan Universitas Andalas selain masuk ke dalam top ranking nasional, Universitas ini juga masuk ke dalam skala Internasional.

3. Universitas Lampung - Peringkkat 1850

Universitas lampung (Unila) merupakan perguruan tinggi negeri terbaik pertama dan tertua yang ada di Provinsi Lampung. Universitas Lampung awalnya didirikan oleh P3SL (Panitia Pendirian Dan Perluasan Sekolah Lanjutan) dan P3YPTL (Panitia Persiapan Pembentukan Yayasan Perguruan Tinggi Lampung), yang kemudian pada 19 Januari 1960 P3SL mengadakan musyawarah dengan tokoh-tokoh masyarakat Lampung untuk mempersiapkan berdirinya suatu perguruan tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1815 seconds (0.1#10.140)