Siswa, Ini 10 Tips Maksimalkan Waktu Belajar selama Ujian

Sabtu, 03 September 2022 - 17:11 WIB
loading...
Siswa, Ini 10 Tips Maksimalkan Waktu Belajar selama Ujian
Simak 10 tips untuk agar waktu belajar efektif selama ujian. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Ketika musim ujian tiba maka siswa harus bisa memaksimalkan waktu belajar untuk mendapat nilai yang baik. Namun ada kalanya waktu belajar tidak maksimal karena siswa tidak tahu bagaimana cara mengaturnya.

Rata-rata siswa menghabiskan 6-8 jam untuk belajar. Namun saat musim ujian tiba seperti saat Penilaian Tengah Semester (PTS) atau Penilaian Akhir Semester (PAS) siswa akan belajar semakin lama dan sesering mungkin.

Tentu akan sangat tidak efektif jika kalian menghabiskan semalam suntuk untuk mempersiapkan ujian di keesokan harinya. Oleh karena itu, dikutip dari laman Ruangguru, berikut ini 10 tips untuk belajar efektif di masa ujian yang bisa kalian coba.

Baca juga: Rekrutmen Calon Guru Penggerak Angkatan 8-10 Dibuka, Ini Link Pendaftarannya

1. Membuat jadwal kegiatan harian

Bagi kalian yang suka membuat 'to do list' atau daftar pekerjaan sehari-hari, hal ini dapat membantumu supaya lebih disiplin dan produktif terutama dalam belajar. Kalian bisa menyusun jadwal harian secara tepat, kalau perlu dari bangun tidur sampai tidur lagi, agar kegiatan lebih terorganisir. Kalian bisa menentukan waktu mulai belajar, durasi/lama waktu belajarnya, mau belajar apa, dan targetnya. Usahakan jadwal kegiatan harian ini dilakukan secara rutin dan disiplin supaya menjadi kebiasaan sehari-hari.

2. Belajar 30 menit

Sebuah studi dari Kansas State University merekomendasikan untuk memberikan spesifik waktu untuk belajar setiap mata pelajaran. Alasannya, agar dapat tetap fokus pada satu topik. Pada dasarnya, otak kita hanya dapat menyerap informasi secara efektif selama 15 menit pertama dan 15 menit terakhir ketika belajar.

Artinya, semua yang dipelajari di tengah-tengah waktu tersebut adalah yang paling mudah untuk kamu lupakan dengan cepat. Otak kita tidak melulu mampu menyerap banyak hal di waktu yang bersamaan. Oleh karena itu, bisa gunakan waktu selama 30 menit.

3. Buat skala prioritas

Agar waktu belajar bisa berjalan lebih efektif, kalian juga bisa membuat skala prioritas. Caranya, urutkan hal-hal yang perlu dikerjakan dari yang paling penting. Misalnya, dalam belajar untuk menghadapi ulangan Matematika. Kamu pasti sudah mendapatkan kisi-kisi, materi/topik apa saja yang akan dikeluarkan di ujian nanti kan. Dari sini, bisa diurutkan terlebih dulu materi apa saja yang belum dikuasai untuk lebih dulu dipelajari.

4. Beri jeda

Setelah 30 menit kamu fokus belajar, ambil istirahat sejenak dengan melakukan kegiatan lainnya yang menyegarkan daya ingat. Misalnya dengan membaca satu bab dari novel favorit yang belum selesai dibaca atau bernyanyi. Menyerap informasi separuh demi separuh, lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan menyerap seluruhnya secara langsung. Agar kamu dapat memaksimalkan kinerja otak di 30 menit selanjutnya, istirahat sejenak ini pasti sangat berguna.

Baca juga: Siswa, Siapkan Diri Ikut ANBK dengan 4 Strategi Ini

5. Pasang timer saat mengerjakan tugas atau soal sulit

Ketika menghadapi deadline tugas atau soal tertentu yang cukup sulit, kalian pasti sibuk memusingkan bagaimana menyelesaikannya dalam sisa waktu yang tersedia. Pasanglah timer selama 30 menit untuk kamu secara khusus mengerjakan tugas dan soal tersebut.

6. Atur waktu

Daripada semalam suntuk mempelajari satu mata pelajaran penuh, sebaiknya bagi ke dalam beberapa bagian di waktu yang berbeda. Misalnya, di malam hari habiskan waktu dua jam saja, termasuk jeda di antara 30 menitnya dan di siang hari kalian lakukan yang sama. Manfaatkan waktu tersebut untuk memberikan nutrisi lainnnya untuk tubuhmu dengan tidur yang cukup, dan makan makanan yang bergizi.

7. Belajar di meja belajar

Memang, duduk di kasur dengan sebuah meja lipat di pangkuanmu terasa lebih nyaman. Namun kenyamanan yang ‘berlebihan’ tersebut justru akan membaurkan daya fokus ketika belajar. Gunakan tempat tidurmu hanya untuk beristirahat dan manfaatkan meja belajarmu ya.

8. Pahami materi, bukan menghafal

Tahukah kamu, saat kita menghafal materi, itu akan lebih cepat disimpan otak, tapi lebih mudah juga untuk melupakannya. Sementara itu, memahami materi mungkin akan jauh lebih sulit, tapi ketika kamu benar-benar paham, kamu akan jauh lebih menguasai beragam tipe soal dan mampu mengingatnya dalam jangka waktu yang lama.

9. Buku pelajaran dan buku tulis

Belajar sambil menulis ulang poin-poin penting juga akan menambah daya serap kamu pada saat proses belajar berlangsung. Kalian bisa tempelkan sticky notes warna-warni di dalam buku pelajaran agar lebih semangat. Tulis di tempat yang sering dilihat.

10. Bijak menggunakan gawai

Kemajuan zaman membuatmu semakin erat dengan gadget, seperti ponsel dan laptop. Daripada hanya dipakai untuk bermain games dan media sosial, lebih baik manfatkan gawai untuk belajar.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2807 seconds (11.97#12.26)