Sederet Rektor yang Didaulat Menjadi Menteri, dari Anies Baswedan hingga Muhadjir Effendy

Minggu, 11 September 2022 - 07:10 WIB
loading...
A A A
3. Anies Baswedan, Rektor Universitas Paramadina

Siapa yang tidak mengenal Anies Baswedan? Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta ini sebelumnya merupakan seorang rektor dan menteri. Anies Baswedan adalah Rektor Universitas Paramadina yang menjabat selama delapan tahun, dari 2007 hingga 2015.

Di tahun 2014, Anies Baswedan mendapatkan mandat dari Presiden Jokowi untuk menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Namun pada tahun 2016, saat Presiden Jokowi melakukan perombakan terhadap kabinetnya, Anies Baswedan kemudian diberhentikan dari posisi menteri dan digantikan oleh Muhadjir Effendy.

Merupakan seorang yang terdidik, Anies menempuh jenjang SI di Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM) dan dinyatakan lulus tahun 1995.

Pada tahun 1997, Anies meraih gelar master dari School of Public Affairs, University of Maryland, College Park. Dua tahun kemudian, ia memperoleh gelar doktor dari Northern Illinois University.

Saat dilantik menjadi rektor, Anies masih berumur 38 tahun. Oleh karena itu, ia menjadi rektor termuda di Indonesia.

4. Muhadjir Effendy, Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Muhadjir Effendy seorang tokoh pendidikan yang mengawali karier sebagai karyawan honorer.

Ia dipercaya untuk menjabat sebagai rektor selama tiga periode dan juga pernah menjadi menteri. Muhadjir Effendy merupakan Guru Besar Fakultas Ilmu Pendidikan di Universitas Negeri Malang yang kemudian dipercaya menjadi Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) selama tiga periode, mulai dari tahun 2000 hingga 2016.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2351 seconds (0.1#10.140)