Sejarah Berdirinya Universitas Brawijaya dan Jurusan yang Tersedia

Senin, 19 September 2022 - 11:40 WIB
loading...
A A A
Atas dasar penggabungan ini Universitas Brawijaya memiliki 4 fakultas, yakni Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (FHPM) yang semula PTHPM, Fakultas Ekonomi (FE) yang semula bernama PTEM, Fakultas Administrasi Niaga (FAN) dan Fakultas Pertanian (FP). Disusul Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan (FKHP) sebagai syarat penegerian.

Usaha penegerian ini menemui titk terang pada 1962. Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan menyanggupi untuk menegerikan Universitas Brawijaya secara bertahap. Fakultas eksakta yang dinegerikan pertama kali dan menyusul fakultas sosial.

Pada tanggal 5 Januari 1963, Universitas Brawijaya dengan seluruh fakultasnya dinegerikan dengan Keputusan Menteri PTIP Nomor 1 Tahun 1963. Fakultas Pertanian serta Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan yang semula berada di bawah naungan Universitas Airlangga dikembalikan ke Universitas Brawijaya.

Surat Keputusan Menteri PTIP tentang penegerian itu telah dikukuhkan dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 196 Tahun 1963 yang berlaku sejak 5 Januari 1963. Tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai hari lahir (Dies Natalis) Universitas Brawijaya.

Bagi kalian yang ingin masuk ke Universitas Brawijaya, berikut ini jurusan yang tersedia untuk jenjang sarjana dan diploma.

Baca juga: Sejarah Berdirinya Fakultas Teknik UGM dan Hubungannya dengan Bandung Lautan Api

Program Sarjana

Fakultas Hukum (FH)

1. Ilmu Hukum

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
1. Akuntansi
2. Ekonomi Pembangunan
Manajemen
3. Ekonomi Islam
4. Kewirausahaan
5. Ekonomi, Keuangan dan Perbankan

Fakultas Ilmu Administrasi (FIA)
1. Ilmu Administrasi Negara/Publik
2. Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis
3. Perpajakan
4. Ilmu Perpustakaan
5. Pariwisata
6. Administrasi Pendidikan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0937 seconds (0.1#10.140)