Ini Bedanya TOEFL, IELTS, dan TOEIC untuk Kamu yang Ingin Studi ke Luar Negeri

Kamis, 20 Oktober 2022 - 14:08 WIB
loading...
Ini Bedanya TOEFL, IELTS, dan TOEIC untuk Kamu yang Ingin Studi ke Luar Negeri
Perbedaan TOEFL, IELTS, dan TOEIC untuk kamu yang ingin studi ke luar negeri. Foto/Shutterstock.
A A A
JAKARTA - TOEFL, IELTS, dan TOEIC merupakan sertifikasi kemampuan ber bahasa Inggris yang biasanya diminta jika kalian ingin lanjut kuliah di luar negeri . Meski sama-sama tes kompetensi berbahasa Inggris namun ada perbedaan di antara ketiganya.

Untuk apa skor yang diperoleh dari tes kemampuan berbahasa Inggris itu untuk keperluan kuliah? Adanya sertifikasi itu adalah untuk membuktikan kalian mampu untuk menerima dengan baik materi kuliah yang dipelajari nanti.

Dikutip dari laman Schoters, berikut ini perbedaan TOEFL, IELTS, dan TOEIC yang penting diketahui bagi kalian yang ingin studi ke luar negeri.

Pengertian

TOEFL

Tes kemampuan berbahasa Inggris yang biasanya sertifikatnya digunakan untuk mencari beasiswa, masuk ke perguruan tinggi, atau masuk lembaga pemerintah. TOEFL memiliki empat bagian yaitu Reading, Listening, Writing, dan Speaking.

Baca juga: Ingin Tembus Ketatnya Seleksi Masuk Universitas Terbaik di AS dan Inggris, Ini Strateginya

IELTS

Tes kemampuan berbahasa Inggris yang gunanya lebih luas dari TOEFL. Sertifikat tes ini bisa digunakan untuk keperluan pendidikan seperti mencari beasiswa atau masuk perguruan tinggi. Selain itu, bisa juga digunakan untuk pembuatan visa kerja hingga perpindahan kewarganegaraan. IELTS terdiri dari empat bagian yaitu Reading, Listening, Writing, dan Speaking.

TOEIC

TOEIC terdiri dari dua jenis yaitu TOEIC Listening Reading dan TOEIC Speaking Writing. TOEIC Listening Writing untuk mengukur kemampuan seseorang dalam mendengarkan dan membaca teks berbahasa Inggris. Sementara TOEIC Speaking Writing untuk mengukur kemampuan berbicara dan menulis menggunakan Bahasa Inggris.

Masa Berlaku dan Tempat Berlakunya

Masa berlaku sertifikat TOEFL, IELTS, dan TOEIC adalah selama dua tahun. Sertifikat ketiganya diakui di seluruh dunia.

Biaya, Cara Mendaftar, Bahasa Inggris yang Digunakan, dan Aksen

TOEFL

- Biaya: Sekitar Rp3,4 juta
- Cara mendaftar: Pendaftaran bisa dilakukan secara online dengan membuat akun terlebih dahulu. Kemudian, akan muncul pilihan tanggal dan lokasi tes yang dapat kamu pilih. Cek informasi selengkapnya pada website www.ets.org.
- Bahasa Inggris yang digunakan: Tes TOEFL menggunakan Bahasa Inggris Amerika
- Aksen: Amerika

IELTS

- Biaya: Biaya sekitar Rp3,25 juta.
- Cara mendaftar: Pendaftaran dapat dilakukan secara online dengan membuat akun terlebih dahulu. Setelah itu, akan muncul tampilan tanggal tes dan lokasi tes yang bisa dipilih. Informasi lebih lengkap bisa kamu temukan pada website www.ialf.edu
- Bahasa Inggris yang digunakan: Tes IELTS menggunakan Bahasa Inggris British
- Aksen: Beragam seperti aksen UK, Amerika, Kanada, Australia

TOEIC

Biaya: Biaya sekitar Rp700 ribu (untuk TOEIC Listening Reading) dan sekitar Rp1,5 juta (untuk TOEIC Speaking Writing)
- Cara mendaftar: Pendaftaran secara online dengan membuat akun di www.ets.org. Setelah itu, kamu dapat memilih tanggal lokasi tes yang muncul setelah melakukan pendaftaran.
- Bahasa Inggris yang digunakan: Tes TOEIC menggunakan Bahasa Inggris Amerika
- Aksen: Beragam seperti aksen Amerika, Bristih, Austrlia, dan Kanada.

Baca juga: Mahasiswa UGM Ikut KKN PPM, Berapa SKS yang Didapat?

Sistem Penilaian dan Jenis Soal TOEFL, IELTS, dan TOEIC

TOEFL

- Sistem Penilaian: Rentang nilai adalah 0-120. Masing-masing bagian (Reading, Listening, Writing, dan Speaking) memiliki nilai maksimal 30. Skor masing-masing bagian selanjutnya akan diakumulasikan menjadi skor keseluruhan.
- Soal Reading dan Listening: Pilihan ganda
- Soal Speaking: Berbicara dengan komputer
- Soal Writing: Menulis dua esai. Pada esai 1, peserta tes harus membaca membaca teks yang berisi penjelasan singkat mengenai topik tertentu kemudian menuliskan pendapatnya mengenai topik yang telah dijelaskan. Pada esai 2, peserta diminta menuliskan masalah-masalah tertentu.

IELTS

- Sistem Penilaian: Rentang skor tes IELTS adalah 0-9 untuk masing-masing bagian (Reading, Listening, Writing, dan Speaking). Skor dari keempat bagian akan dijumlahkan dan dibagi empat untuk mencapai skor akhir. Skor akhir memiliki rentang 0-9.
- Soal Reading: Bentuk soal beragam bisa berupa isian atau pilihan ganda (tetapi sangat jarang). Umumnya peserta tes diminta menentukan ide pikiran setiap paragraf.
- Soal Listening: Berupa isian singkat. Terkadang berupa pilihan ganda tetapi jumlahnya sedikit.
- Soal Speaking: Berbicara dengan komputer
- Soal Writing: Menulis 2 esai. Pada esai 1, peserta tes harus menjelaskan tabel atau grafik yang disajikan. Pada esai 2, peserta tes harus mengutarakan dan menjelaskan pendapatkan akan suatu permasalahan.

TOEIC

- Sistem Penilaian: Rentang nilai tes TOEIC Listening Reading adalah 10-990 (berasal dari akumulasi skor Listening (5-495) dan Reading(5-495)). Sementara nilai tes TOEIC Speaking Writing adalah 0-400 (dari akumulasi skor Speaking (0-200) dan Writing (0-200)).
- Soal Reading dan Listening: Pilihan Ganda
- Soal Speaking: Berbicara dengan komputer
- Soal Writing: Pertama, peserta diminta menulis kalimat berdasarkan gambar yang dilihat. Kedua, menuliskan jawaban dari soal yang dikirimkan ke email peserta. Ketiga, menulis esai berisi opini tentang suatu topik yang disediakan pihak penyelenggara tes.

Nah demikian tadi informasi mengenai perbedaan TOEFL, IELTS, dan TOEIC. Semoga informasi ini bermanfaat ya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1321 seconds (0.1#10.140)