Kemendikbudristek Dukung Polisi Berlakukan Tes Urine Setiap Bulan bagi Mahasiswa

Minggu, 23 Oktober 2022 - 09:58 WIB
loading...
Kemendikbudristek Dukung Polisi Berlakukan Tes Urine Setiap Bulan bagi Mahasiswa
(Plt) Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Prof. Nizam. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepolisian Daerah Metro Jaya berencana menggelar program tes urine rutin kepada mahasiswa setiap bulan sekali di sejumlah universitas yang berada di DKI Jakarta.

Menanggapi hal itu, (Plt) Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ( Kemendikbudristek ), Prof. Nizam mengatakan, pihaknya menyambut positif terkait adanya program tersebut.



"Tentu kita mendukung setiap upaya untuk menyelamatkan generasi muda dari bahaya penyalahgunaan narkoba," ujar Nizam saat dikonfirmasi, Minggu (23/10/2022).

Kendati demikian, pria yang merupakan salah satu guru besar di Universitas Gadjah Mada (UGM) belum tahu betul terkait adanya program tersebut. Bahkan, belum ada informasi resmi yang ia dapatkan.

"(Sebetulnya) kami belum mendengar informasi resminya dari Polda Metro Jaya. Baru dengar dari media. Ini kita sambut baik," ungkap Nizam.



Nizam menambahkan, meski belum ada komunikasi dengan pihak kemendikbudrsitek, dirinya tetap menyambut positif gerakan yang dilakukan aparat kepolisian.

"Tetapi, kita sambut positif meski belum ada pembicaraan dengan pihak terkait," pungkasnya.

Diketahui, Ditresnarkoba Polda Metro Jaya tengah mempersiapkan program tes urine ke kampus-kampus . Upaya ini dalam rangka memerangi narkoba khususnya di lingkungan anak muda.

"Sudah masuk program kita ya tes urine. Insyaallah bulan depan," kata Diresnarkoba Polda Metro Jaya Kombes Pol Mukti Juharsa, Kamis (20/10/2022).

Dia menjelaskan, program tersebut berawal dari kekhawatiran karena meningkatnya data pengguna narkotika saat ini.

"Data pengguna narkotika dari tahun 2019 ke tahun 2021 itu meningkat, dari 1,8 persen ke 1,95 persen," ungkapnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4246 seconds (0.1#10.140)