Ini yang Membedakan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta

Senin, 24 Oktober 2022 - 14:31 WIB
loading...
A A A
Sebagai contoh, ada istilah Uang Kuliah Tunggal atau UKT. Biaya pendidikan ini dirancang menjadi beberapa golongan guna menyesuaikan keadaan ekonomi masing-masing mahasiswanya.

Sedangkan pada Perguruan Tinggi Swasta, mereka tidak memiliki aturan terikat yang membatasi biaya kuliah. Selain itu, biaya pendidikan yang ada pada masing-masing instansi swasta ini pun berbeda-beda.

Namun, sebagai timbal baliknya, mahasiswa di PTS bisa mendapatkan berbagai fasilitas perkuliahan yang mungkin tak didapatkan di kampus negeri.

Baca juga : Ini 50 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di DKI Jakarta

3. Alumni

Perbedaan Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta berikutnya adalah dalam aspek alumni atau lulusannya. Seiring waktu, mungkin banyak pendapat yang menyebut alumnus PTN akan memiliki peluang kerja lebih terbuka karena statusnya.

Di satu sisi, hal ini mungkin benar terjadi adanya. Karena terdapat sejumlah Universitas yang memang memiliki nama dan kredibilitas mumpuni, sehingga banyak membuat para rekruter tertarik dan menjadikannya prioritas.

Namun, di sisi lain dunia kerja tidak hanya bergantung pada status lembaga pendidikan saja. Mereka juga terkadang menilai kandidat berdasarkan kemampuan individu dan kepribadiannya.

Sehingga sebenarnya antara alumni Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta ini sama-sama memiliki peluang yang setara di dunia kerja. Semua tergantung bagaimana orang tersebut bisa menunjukan kapabilitasnya sebagai yang terbaik.

4. Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1345 seconds (0.1#10.140)