Calon Mahasiswa, Ini Penjelasan Mengenai Perbedaan Warna-warna Makara UI Sesuai Fakultas

Selasa, 08 November 2022 - 20:16 WIB
loading...
Calon Mahasiswa, Ini Penjelasan Mengenai Perbedaan Warna-warna Makara UI Sesuai Fakultas
Mahasiswa UI melewati lambang Makara UI. Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Calon mahasiswa Universitas Indonesia (UI) perlu tahu warna lambang atau makara UI di tiap-tiap fakultas. Jika belum tahu, kalian bisa memperhatikan dengan baik penjelasan di bawah ini.

Lambang UI diciptakan pada 1952 oleh Sumaxtono yang punya nama asli Sumartono. Sumaxtono merupakan mahasiswa UI angkatan 1952 jurusan Seni Rupa Fakulteit Teknik Universiteit Indonesia, Bandung.



Ide awalnya lambang UI berasal dari kala-makara yang merupakan dua kekuatan yang ada di alam. Kala sebagai kekuatan di atas atau kekuatan matahari dan makara sebagai kekuatan di bawah atau kekuatan bumi.

Lalu makara itu apa sih? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, secara etimologi makara itu berasal dari bahasa Sanskerta. Makara disebut sebagai binatang laut yang berukuran besar, dianggap sebagai lambang Kāmadewa, biasanya dipasang sebagai hiasan pada pintu gerbang atau hiasan kepala.



Seperti dikuti dari laman resmi Universitas Indonesia, lambang UI memiliki dua unsur, yaitu pohon yang terdapat cabang-cabang dan juga makara. Berikut adalah penjelasannya yang dikutip dari situs resmi UI:

1. Kuncup pohon ilmu pengetahuan.

2. Cabang-cabang pohon ilmu.

3. Pancuran yang keluar berbentuk makara.

4. Air yang keluar dari makara.

Pohon dan cabang beserta kuncupnya melambangkan pohon ilmu pengetahuan dan cabang-cabang dari ilmu tersebut. Kuncup bermakna ilmu tersebut akan mekar dan menjadi ilmu baru.

Kuncup-kuncup tersebut akan mekar apabila pohon pengetahuan itu hidup. Sumaxtono ingin menggambarkan bahwa cabang-cabang ilmu pengetahuan akan selalu berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.

Makara tersebut mengalirkan air yang berarti hasilnya menyebar ke seluruh penjuru atau dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Belakangan untuk memudahkan lambang ini selalu disebut dengan makara UI. Padahal makara hanya satu bagian dari lambang tersebut.

Warna makara UI secara umum adalah berwarna kuning, sedangkan di setiap fakultasnya UI memiliki warna makara/panji yang berbeda-beda, yaitu sebagai berikut:

1. Fakultas Kedokteran: hijau

2. Fakultas Kedokteran Gigi: hijau-putih

3. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam: biru-hitam

4. Fakultas Teknik: biru

5. Fakultas Hukum: merah

6. Fakultas Ekonomi dan Bisnis: abu-abu

7. Fakultas Ilmu Budaya: putih

8. Fakultas Psikologi: biru muda

9. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik: jingga

10. Fakultas Ilmu Administrasi: merah-ungu

11. Fakultas Kesehatan Masyarakat: ungu

12. Fakultas Ilmu Komputer: biru-merah

13. Fakultas Ilmu Keperawatan: biru muda-biru-biru muda

14. Fakultas Farmasi: biru-hijau

15. Program Vokasi (D3): hijau-jingga-biru

16. Sekolah Ilmu Lingkungan: hitam-hijau

17. Sekolah Kajian Stratejik dan Global: hitam-abu-abu

Makara UI pertama kali digunakan pada sampul buku Universiteit Indonesia, Fakulteit Teknik, Bandung: Rentjana Untuk Tahun Peladjaran 1952-1953 (Percetakan AID, Bandung, 120 hlm.) yang dibuat oleh Sumaxtono. Tetapi waktu itu lambang UI tersebut belum memiliki bingkai segi lima.

Itulah penjelasan mengenai sejarah dan warna Makara UI yang harus diketahui oleh calon mahasiswa UI. Bahkan, mahasiswa UI juga perlu tahu arti dan lambang warna Makara UI masing-masing fakultas.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2126 seconds (0.1#10.140)