Perkuat Minat Baca dan Literasi, Mentan dan Khofifah Terima Penghargaan dari Perpusnas

Selasa, 15 November 2022 - 18:35 WIB
loading...
A A A
Baca juga: Guru dan Siswa MAN IC Batam Juara I Lomba APBN Kemenkeu 2022

Secara khusus, penghargaan Lifetime Achievement yang diraih oleh Gubernur Jawa Timur menjadi bukti kerja keras masyarakat Jawa Timur bersama-sama mewujudkan penguatan literasi dan budaya baca di Indonesia, khususnya di Jawa Timur. Salah satunya dengan adanya mobil baca dan tenda ramah anak, sebagai bentuk trauma healing di pengungsian.

Di samping itu, tambah Khofifah, pihaknya kini tengah menggarap kitab kuno klasik atau Turos sebagai upaya pelestarian manuskrip. “Karena sudah berumur tua, Sebagian turos agak susah dibuka. Perlu jelly dari Jepang agar lembaran yang menempel bisa dibuka dan dibaca,” terang Khofifah.

“Bahkan, kami sudah merencanakan melakukan tukar menukar Turos dengan Perpustakaan Alexandria di Mesir, serta mengadakan pameran Turos di Mesir dan Riyadh, Arab Saudi,” lanjutnya.

Sementara itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang mendapat penghargaan menuturkan penghargaan ini dapat memotivasi instansinya untuk selalu meningkatkan upaya pelestarian budaya baca dan peningkatan literasi, terutama pada literasi informasi pertanian.

“Apa yang kami lakukan tidak berhenti dengan adanya penghargaan ini. Kami siap bekerja sama dengan Perpusnas dengan langkah-langkah inklusif untuk membangun masyarakat, khususnya petani-petani di Indonesia,” ungkap Syahrul.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1888 seconds (0.1#10.140)