Menyesal Masuk Jurusan Kuliah yang Diambil Saat Ini? Begini Solusinya

Rabu, 16 November 2022 - 16:02 WIB
loading...
A A A
Solusi terbaik adalah tetap lanjutkan kuliahmu dulu dan tetap peraya bahwa tidak ada ilmu yang sia-sia. Tidak ada yang tahu bahwa mungkin suatu hari kamu membutuhkan ilmu yang sedang kamu pelajari saat ini.

2. Join Organisasi atau Komunitas

Kalau sudah salah jurusan dan pindah jurusan bukanlah pilihan, lebih baik kamu ikutan UKM dan Organisasi yang sesuai dengan passion-mu.

Jika kamu masih ragu dengan minat dan bakat di dalam diri, kamu bisa join beberapa UKM dan Organisasi sekaligus. Ada berbagai kemungkinan jika kamu menjadi mahasiswa salah jurusan, bisa jadi kamu menemukan passion baru dan bakat terpendam di dalam diri.

3. Kuliah Double Degree

Kalian pernah dengar istilah double degree? Istilah ini digunakan untuk mahasiswa yang kuliah pada dua program sarjana secara bersamaan. Ada beberapa kampus yang menawarkan program double degree atau kamu bisa kuliah di kampus lain dengan jurusan yang sesuai dengan passion-mu.

Perlu diingat bahwa kuliah double degree bukanlah hal yang mudah. Bukan hanya biaya yang jadi dua kali lipat, tapi kamu harus mampu mengatur waktu agar tidak ada jadwal kuliah yang terbentur, tugas yang terbengkalai dan kehidupan sosialmu tidak kacau.

4. Kuliah Lagi di Jurusan yang Berbeda

Apakah bisa kuliah lagi setelah lulus Program D3, D4, dan S1? Jawabannya tergantung dari kampus yang kamu pilih. Ada beberapa kampus yang tidak menentukan batasan usia pada calon mahasiswanya.

Kuliah untuk yang kedua kalinya mungkin adalah pilihan yang tepat bagi sebagian orang, tapi pastikan jangan sampai kamu salah pilih jurusan lagi. Untuk mencari tahu secara jelas, kamu bisa ke psikolog untuk melihat keadaanmu dan mengatasi depresi salah jurusan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1724 seconds (0.1#10.140)