10 Perguruan Tinggi Ternama di Indonesia yang Mempunyai Rumah Sakit

Sabtu, 19 November 2022 - 13:18 WIB
loading...
10 Perguruan Tinggi Ternama di Indonesia yang Mempunyai Rumah Sakit
Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) Foto/Dok/Humas UI.
A A A
JAKARTA - Sebagian besar masyarakat mungkin sudah sering mendengar istilah rumah sakit pusat dan rumah sakit umum. Namun di luar itu, ada rumah sakit pendidikan yang umumnya dimiliki oleh perguruan tinggi .

Rumah sakit yang dimiliki sebuah universitas ini dijadikan kampus sebagai sarana pendidikan bagi mahasiswanya, terutama untuk mahasiswa kedokteran. Namun rumah sakit ini juga terbuka untuk tempat berobat untuk masyarakat.

Rumah sakit pendidikan ini tidak hanya dipunyai oleh perguruan tinggi negeri namun juga ada perguruan tinggi swasta. Fasilitasnya pun tidak kalah dengan rumah sakit pada umumnya.

Karena rumah sakit ini menjadi sarana praktik dan juga penelitian para mahasiswanya, pelayanan kesehatannya pun selalu mengikuti teknologi tercanggih untuk memberikan pengobatan terbaik bagi pasiennya.

Dikutip dari laman resmi masing-masing rumah sakit, berikut ini profil 10 perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki rumah sakit.

Baca juga: 13 Kampus Berlaga di Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia 2022

1. Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)

RSUI merupakan Rumah Sakit Pendidikan Tinggi Negeri (RS-PTN) pertama di Indonesia yang mempunyai konsep dan rancang bangun fisik dengan Konsep Hijau (Green Hospital Concept) yang ramah lingkungan dan berorientasi sepenuhnya pada keselamatan pasien.

Bangunan seluas 82.074 meter persegi yang berdiri di atas lahan seluas 106.100 meter persegi ini berlokasi di kompleks area Gedung Ilmu Rumpun Kesehatan (RIK), Kampus UI Depok yang memiliki jembatan penghubung "sky bridge" sebagai penghubung langsung antara RSUI dengan gedung RIK.

Layanan yang tersedia di RSUI seperti farmasi, gawat darurat, hemodialisis, laboratorium, medical check up, perawatan intensif, dan radiologi.

2. Rumah Sakit Universitas Airlangga (RS Unair)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1515 seconds (11.252#12.26)