Dilepas Gus Yasin, Obor Pospenas IX 2022 Dikirab dari Grobogan Menuju Surakarta

Senin, 21 November 2022 - 16:50 WIB
loading...
A A A
Dari Bandungan, Kabupaten Semarang, rombongan baru melanjutkan perjalanan ke Surakarta esoknya. Menurut rencana, rombongan pawai obor ini akan diterima oleh Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, di Balai Kota Surakarta, Selasa (22/11/2022).

Pospenas sendiri, menurut rencana akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada 23 November 2022, di Stadion Manahan, Kota Surakarta. Acara ini mengambil tema “Gerak Santri, Bangkit Negeri”.

Hal ini dikaitkan dengan salah satu tujuan digelarnya acara ini, yaitu memupuk persatuan, persahabatan, persaudaraan antar santri.

Pospenas adalah salah satu media untuk meningkatkan kebugaran jasmani, rohani, dan prestasi, yang diselenggarakan melalui kerja sama antar beberapa kementerian sesuai dengan nota kesepahaman antara Menteri Agama, Menteri Pemuda dan Olahraga, Menteri Dalam Negeri, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dan Menteri Pariwisata.

Kementerian Agama sebagai leading sector menjadi bagian yang tak terpisahkan dan memiliki tanggung jawab professional untuk mensukseskan penyelenggaraan Pospenas ini.

Tujuan dari nota kesepahaman adalah:

1. Ikut membangun manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa, sehat jasmani dan rohani, berkualitas unggul, sportif, berdaya saing tinggi.

2. Meningkatkan budaya berolahraga dan seni yang bernuansa Islam serta apresiatif dalam rangka membina khasanah budaya bangsa.

3. Meningkatkan ukhuwah Islamiyah di kalangan santri dan dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Wakil Gunernur Jawa Tengah, Taj Yasin berharap Pospenas dapat memberi motivasi bagi pesantren untuk berprestasi. "Semoga acara ini dapat memberi spirit kebaikan bagi santri seluruh Indonesia," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1344 seconds (0.1#10.140)