Rancang Robot Tak Berawak Bawah Air, UI Juarai Kompetisi KKCTBN 2022

Selasa, 06 Desember 2022 - 17:31 WIB
loading...
Rancang Robot Tak Berawak Bawah Air, UI Juarai Kompetisi KKCTBN 2022
Tim AMV UI meraih Juara 2 pada Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2022 yang digelar Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbudristek). Foto/Dok/UI
A A A
JAKARTA - Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) berinovasi merancang robot tak berawak (nirawak) atau autonomous underwater vehicle yang diberi nama Makara Perry.

Berkat inovasi tersebut, Tim Autonomous Marine Vehicle (AMV) UI berhasil meraih Juara 2 pada Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2022.



Kompetisi ini diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbudristek) pada 11–15 November 2022.

Pada kompetisi tersebut, Tim AMV UI bertanding pada kategori Performa dan Prototipe Kapal Autonomous Semi Submarine Drone.

Makara Perry mengintegrasikan beberapa komponen, elemen depth sensor misalnya berfungsi agar robot dapat mengetahui kedalaman dari kolam atau medannya.



Lalu, computer vision yang merupakan kamera berjenis Razer Kiyo X berfungsi sebagai input gambar untuk AUV dengan resolusi dan frame rate yang tinggi, sehingga AUV dapat melakukan image processing.

“Selain itu, kami juga mengintegrasikan computing device jenis Nvidia Jetson Xavier NX, mini komputer dengan waktu proses yang cepat yang memungkinkan AUV Makara Perry melakukan tugas-tugas seperti image processing, object recognition, dan data aggregation secara parallel,” ujar Valerie Olive Suryono salah seorang anggota Tim SMV UI (Tenik Elektro 2020).

“Konfigurasi thruster yang digunakan adalah empat thruster vertikal yang disusun sedemikian rupa untuk membantu ASSD melakukan heave and roll, sedangkan untuk bidang horizontal, ASSD menggunakan pendorong dan kemudi untuk melakukan gerakan surge dan yaw. Dengan demikian, drone dapat bermanuver pada lima derajat kebebasan,” tambahnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1438 seconds (0.1#10.140)