Kaleidoskop 2022: Prestasi Siswa Indonesia di Kompetisi Dunia Harumkan Nama Bangsa

Minggu, 25 Desember 2022 - 18:00 WIB
loading...
A A A
IBO ke-33 kali ini diselenggarakan pada 8–18 Juli 2022 di Yerevan, Armenia. Empat pelajar Indonesia berhasil menorehkan prestasi terbaik dengan raihan 2 medali emas dan 2 medali perunggu di ajang tersebut.

Medali emas berhasil diraih oleh Gregorius Tendi (SMA Santo Yakobus Jakarta) dan Michael Purnama (SMAK St. Louis 1 Surabaya). Dua pelajar Indonesia lainnya meraih medali perunggu yaitu Sherly Anastasia (SMAK Petra 1 Surabaya) dan Jefferson Filbert Tjoenardi (SMAK Petra 2 Surabaya).

3. International Physics Olympiad (IPhO) ke-52 di Swiss

Pada Olimpiade Fisika Internasional yang menjadi salah satu olimpiade bergengsi dunia ini, pelajar Indonesia berhasil meraih lima medali yaitu satu emas, tiga perak, dan satu perunggu.

Kelima siswa ini adalah Jonathan Tjandra dari SMAK Calvin DKI Jakarta, peraih medali emas; John Howard Wijaya dari SMA Darma Yudha Pekanbaru, peraih medali perak; Berwyn dari SMAK Penabur DKI Jakarta, peraih medali perak; David Michael Indraputra dari SMAK Penabur Gading Serpong, peraih medali perak; dan Althaaf Syaikha Nuhaad dari SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta, peraih medali perunggu.

4. International Geography Olympiad (IGeO) ke-18 di Prancis

Olimpiade Internasional Geografi yang digelar secara daring dari Paris ini melibatkan 209 peserta dari 54 negara di dunia. Tim Olimpiade Geografi Indonesia (TOGI) diwakili oleh empat pelajar Indonesia.

Baca juga: 4 Standar Kompetensi yang Wajib Dimiliki Tenaga Pendidik, Cek Daftarnya

Mereka adalah Fachri Aziz, peraih satu medali emas, dari SMAN 8 Jakarta. Sedangkan dua medali perak diraih oleh Nashita Shahira Feryanto siswi SMAN 2 Tangerang Selatan, Banten dan Fiona Zhang siswa SMA Kristen Petra 1 Surabaya. Selain itu satu medali perunggu diraih oleh Fikri Ghifari Hanifah dari SMA Pribadi Bandung.

5. International Chemistry Olympiad (IChO) ke-54 di China
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3719 seconds (0.1#10.140)