Pendaftaran Beasiswa Monbukagakusho 2016 Dibuka

Senin, 04 Mei 2015 - 15:30 WIB
Pendaftaran Beasiswa Monbukagakusho 2016 Dibuka
Pendaftaran Beasiswa Monbukagakusho 2016 Dibuka
A A A
JAKARTA - Kedutaan Besar Jepang kembali menawarkan Beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) kepada siswa-siswi Indonesia untuk lulusan SMA dan sederajat yang ingin meneruskan jenjang pendidikannya ke Jepang.

Dalam siaran pers yang diterima Sindonews dari Kedutaan Besar Jepang, Senin (4/5/2015), Monbukagakusho menawarkan beasiswa untuk program universitas (S1), College of Technology (D3) dan Professional Training College (D-2).

"Pelamar hanya bisa mendaftar 1 (satu) program saja antara S-1, D-3, atau D-2," tulis Kedutaan Besar Jepang dalam keterangannya.

Pendaftaran beasiswa terbagi dalam dua tahap. Tahap pertama bagi pelamar beasiswa yang lulus SMA pada tahun 2014, dan tahun sebelumnya. Pendaftaran tahap pertama dibuka tanggal 4-21 Mei 2015.

Tahap kedua bagi pelamar beasiswa yang lulus pada tahun ini, 2015. Pendaftaran pelamar yang lulus pada tahun ini bisa mengajukannya pada tanggal 25 Mei-11 Juni 2015.

Syarat-syarat pendaftaran bagi para pelamar sebagai berikut:

1. Warga Negara Indonesia.
2. Lahir antara tanggal 2 April 1994 sampai dengan tanggal 1 April 1999.
3. Nilai minimal rata-rata Ujian Nasional:
a. 8,4 untuk program S1
b. 8,0 untuk program D3
c. 8,0 untuk program D2
4) Pelamar sudah lulus dari SLTA dan sederajat terlebih dahulu (bagi kelulusan Nasional/UAN), atau akan lulus maksimal 31 Maret 2015 sistem kelulusan standar Internasional/IB).
5) Hanya dapat mendaftar 1 (satu) program saja antara S1, D3, atau D2.

Monbukagakusho memberikan catatan tambahan untuk memudahkan para pelamar beasiswa. Yakni, jika pada saat penutupan (11 Juni 2014) Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional asli belum bisa dikeluarkan, maka Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional sementara dari Kepala Sekolah bisa diterima.

Bagi sekolah yang tidak menggunakan standar nasional (misal standard IB), nilai akan disetarakan. Silakan melampirkan hasil ujian akhir dan transkip nilai seluruh semester.

"Sebagai alternatif persyaratan pelamar, pelamar S-1 yang memilih bidang studi IPS bisa juga melamar dengan menggunakan sertifikat kemampuan bahasa Jepang (JLPT) minimal level N3. Pelamar D2 bisa juga melamar dengan menggunakan sertifikat kemampuan bahasa Jepang (JLPT) minimal level N4, walaupun persyaratan nilai minimal rata-rata Ujian Nasional-nya kurang," seperti tertulis.

Berikut prosedur pendaftaran beasiswa Monbukagakusho:

1. Mengisi formulir plikasi yang dapat di-download dari website resmi kedutaan Jepang, klik di sini.
2. Lakukan registrasi secara online melalui link yang tertera pada website resmi kedutaan Jepang tersebut. Lalu cetak/printout konfirmasi registrasi online yang berisi yang dikirimkan ke e-mail pelamar.
3. Kirimkan formulir aplikasi, lembar printout konfirmasi registrasi online, fotokopi Ijazah/Ijazah sementara yang dilegalisir/dicap basah dari sekolah, fotokopi SKHUN/SKHUN sementara yang dilegalisir/dicap basah dari sekolah, fotokopi sertifikat kemampuan Bahasa Jepang (JLPT) bagi yang ada, ke Kedutaan Besar Jepang di Jakarta.

Para pelamar bisa menghubungi email Kedutaan Besar Jepang (klik untuk alamat email) untuk pertanyaan lanjutan.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8598 seconds (0.1#10.140)