Diperingati 8 Maret, Begini Sejarah Perjalanan Hari Perempuan Internasional dari Masa ke Masa

Rabu, 08 Maret 2023 - 08:32 WIB
Ditentang oleh para pemimpin politik, para wanita terus menyerang hingga empat hari kemudian Tsar dipaksa untuk turun tahta dan Pemerintah sementara memberikan perempuan hak untuk memilih.

1975



Hari Perempuan Internasional ditandai untuk pertama kalinya oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 1975. Kemudian pada Desember 1977, Majelis Umum PBB mengadopsi resolusi yang menyatakan Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Hak-Hak Perempuan dan Perdamaian Internasional untuk diperingati setiap hari dalam setahun oleh Negara-negara Anggota, sesuai dengan tradisi sejarah dan nasional masing-masing.

1996



PBB mengumumkan tema tahunan pertama mereka "Celebrating the past, Planning for the Future" pada 1997, kemudian pada 1998 "Women at the Peace table", sementara pada 1999 temanya adalah "World Free of Violence Against Women, dan seterusnya setiap tahun hingga saat ini.

2000



Menjelang milenium baru, ada sedikit kegiatan arus utama yang terjadi untuk Hari Perempuan Internasional di sebagian besar negara. Dunia telah bergerak dan di banyak bidang, feminisme bukanlah topik yang populer.

Hari Perempuan Internasional diperlukan untuk meningkatkan kesetaraan gender dan memberi rasa hormat kepada perempuan yang layak dan untuk meningkatkan kesadaran di kalangan massa.

2001



Setelah satu tahun perencanaan dan percakapan kolaboratif, platform internationalwomensday.com diluncurkan dengan semangat menyediakan pusat yang bermanfaat untuk mendorong acara IWD, berbagi informasi tentang hari dan isu gender yang lebih luas, serta merayakan pencapaian perempuan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More