Mengenal Jabatan Akademis dan Istilah-Istilah di Kampus, Mahasiswa Harus Tahu

Kamis, 24 Agustus 2023 - 09:07 WIB

3. SKS



SKS adalah Satuan Kredit Semester. SKS merupakan satuan mata kuliah yang diambil per semester. Di perkuliahan kamu harus menyusun sendiri mata kuliah yang diambil untuk satu semester. Biasanya saat semester pertama SKS tersebut disusunkan oleh pihak universitas, sedangkan untuk semester selanjutnya kalian akan menyusun sendiri.

4. IPK



IPK adalah Indeks Prestasi Kumulutif yang merupakan nilai perhitungan rata-rata dari IP yang telah didapatkan tiap semester. IPK dipakai untuk menunjukkan nilai setelah mahasiswa lulus. Jika kamu mendapatkan IPK diatas 3,50 nantinya akan mendapatkan gelar secara cumlaude.

5. UKM



Selanjutnya ada UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa. UKM seperti ekstrakurikuler jika di SMA. UKM merupakan wadah untuk menyalurkan minat dan bakat bagi para mahasiswa. Jika kalian memiliki minat dan bakat tertentu segera ikuti UKM yang diinginkan.

6. BEM



BEM adalah Badan Eksekutif Mahasiswa. BEM merupakan organisasi kemahasiswaan di kampus. BEM biasanya terdapat dari tingkat fakultas hingga tingkat universitas.

7. NIM



Nomor Induk Mahasiswa atau yang biasa disebut NIM adalah hal penting bagi mahasiswa. NIM merupakan bukti resmi sebagai mahasiswa di suatu universitas.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More