Mengenal Jabatan Akademis dan Istilah-Istilah di Kampus, Mahasiswa Harus Tahu

Kamis, 24 Agustus 2023 - 09:07 WIB


5. Kadep



Ketua Departemen atau yang sering disingkat dengan Kadep adalah seseorang yang bertugas memimpin tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dalam menjalankan tugasnya untuk melayani mahasiswa. Kadep sendiri memiliki tugas khusus dalam penyediaan fasilitas perkuliahan, praktikum, dan tugas akhir.

6. Guru Besar

Guru besar merupakan jabatan fungsional tertinggi bagi dosen yang masih mengajar di lingkungan satuan pendidikan tinggi. Guru besar ini memiliki peran dalam memajukan institusi khususnya perguruan tinggi baik dalam pokok maupun fungsinya.

7. Kahim



Kahim adalah singkatan dari Ketua Himpunan Mahasiswa. Kahim memiliki tugas untuk bertanggung jawab atas organisasi yang ada di internal maupun eksternal kampus.

Istilah Dunia Akademik dan Seputar Kampus

1. KTM



Istilah dalam perkuliahan yang wajib diketahui pertama adalah KTM atau akronim dari Kartu Tanda Mahasiswa. KTM biasanya didapatkan pada saat awal semester dan merupakan bukti sebagai seorang mahasiswa.

2. KRS



KRS atau Kartu Rencana Studi merupakan lembaran yang berisikan daftar mata kuliah dan jumlah SKS yang akan diambil oleh mahasiswa dalam satu semester ke depan. Setiap semester mahasiswa harus mengambil KRS yang diwajibkan oleh kampus.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More