10 Negara dengan Biaya Kuliah Murah, Cocok untuk Kantong Pas-pasan

Rabu, 13 September 2023 - 10:06 WIB
Rata-rata biaya kuliah di Jerman bagi mahasiswa asing mencapai USD23.450 per tahunnya, masih sangat jauh lebih murah daripada biaya di Amerika Serikat atau negara Barat lainnya. Walaupun tidak bisa dibilang memiliki biaya universitas termurah, at least biaya hidup kamu nantinya bakal di bawah USD12.000 per tahun.

4. Prancis



Biaya kuliah di Prancis untuk mahasiswa internasional sekitar USD 200 untuk program sarjana, USD 285 untuk master, dan USD 445 untuk program doktoral. Please note that these fees are for public universities ya! Biaya akan jauh lebih tinggi di grandes écoles dan grands établissements yang sangat selektif, yang menetapkan biayanya sendiri.

5. Meksiko



Negara ini punya banyak opsi universitas paling ramah di kantong lho, dengan rata-rata biaya USD6.300 per tahun buat mahasiswa internasional yang menempuh studi S1. Terlebih lagi, Meksiko adalah negara dengan biaya hidup termurah bagi mahasiswa internasional. Diperkirakan kamu hanya perlu mengeluarkan USD9.250 per tahun buat biaya hidup di ibu kota.

6. India



India layak jadi salah satu tujuan kuliah di luar negeri yang murah, soalnya negara ini pun punya biaya hidup paling termurah.Contohnya biaya transportasi umum di India setara dengan 29 sen di AS. Sementara itu, biaya kuliah bervariasi tergantung pada tingkat studi dan universitas tujuanmu, tetapi biasanya nggak lebih tinggi dari USD7.880 setahun, dan kamu seharusnya bisa hidup nyaman hanya dengan merogoh kocek USD4.600 per tahun.



7. Argentina



Sebagai mahasiswa internasional, kamu dapat belajar secara gratis di universitas negeri yang didanai negara, atau membayar biaya kuliah sekitar USD5.100 per tahun atau lebih di institusi swasta. Selain kuliah yang ramah di kantong, untuk biaya hidup pun sangat murah kamu cuma perlu USD5.000 per tahun.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More