Strategi Melamar Kerja Meski Bukan Lulusan Universitas Ternama, Ini Tipsnya

Sabtu, 23 September 2023 - 09:14 WIB
Bagi kamu yang berasal dari lulusan universitas biasa saja maka dibutuhkan strategi khusus agar sukses melamar kerja. Foto/Ist
JAKARTA - Ini srategi melamar kerja meski bukan dari lulusan universitas ternama. Di hampir setiap lowongan kerja , di salah satu syaratnya biasannya berasal dari lulusan universitas ternama atau universitas terbaik di sebuah kota. Hal itu memang wajar karena bagaimanapun perekrut kerja menginginkan SDM nya berasal dari perguruan tinggi terbaik.

Lalu bagaimana jika kamu berasal dari alumni universitas yang ‘biasa-biasa saja’alias dari kampus ‘kurang terkenal’ Apakah ini menjadi ‘kiamat’ bagi kamu? Tentu tidak. Secara tidak langsung, seakan-akan kinerja seseorang ditentukan berdasarkan almamater bukan dari kemampuan seseorang.

Padahal, kamu belum diberikan kesempatan untuk menunjukkan performa. Biasanya, yang mensyaratkan kualifikasi tersebut merupakan rekrutmen perusahaan besar. Tapi, apa kamu tahu mengapa beberapa perusahaan memiliki preferensi untuk merekrut lulusan kampus terkenal? Dirangkum dari berbagai sumber, ini sejumlah tips bagi kamu yang akan melamar kerja meski bukan lulusan universitas terbaik

Tips Meniti Karier Bagi Fresh Graduate dari Lulusan Universitas Kurang Terkenal

1. Terlibat organisasi di kampus



Meningkatkan kualitas sebagai lulusan dengan cara aktif mengikuti kegiatan-kegiatan kampus. Bukan hanya sekadar aktif, tetapi juga ikut ambil bagian berarti dalam pergerakan kegiatan organisasi tersebut. Dengan begitu kamu bisa memiliki berbagai pengalaman baru yang bisa kamu cantumkan dalam CV.

Dengan mengikuti organisasi, HR sebuah perusahaan bisa menilai kamu lebih tinggi karena setidaknya sudah familiar dengan lingkungan yang mengandalkan kerja sama dan menuntut profesionalisme. Mengikuti organisasi juga bisa menjadi bukti untuk beberapa soft skill yang kamu cantumkan dalam CV kamu.

2. Menjadi relawan atau volunteer



Selain kegiatan kampus, kamu juga disarankan untuk mengikuti kegiatan volunteer. Mungkin bisa diikuti pada saat liburan semester agar tidak mengganggu waktu perkuliahan. Jika kamu sudah lulus, kamu tentu punya waktu yang lebih leluasa untuk mengikuti kegiatan. Kamu bisa ikut volunteer yang diadakan oleh komunitas-komunitas kecil hingga NGO yang cukup terkenal.



Ingat, ketika mengikuti kegiatan ini jangan berorientasi pada uang, tapi manfaatkan kegiatan volunteer ini untuk memperluas koneksi dan pengalaman dengan orang-orang di sana. Pengalaman volunteer juga berguna untuk menambah poin di CV. Ini sangat berharga, terlebih untuk fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja. Kamu juga bisa mengembangkan soft skill seperti kepemimpinan, kecepatan dan ketepatan dalam mengambil keputusan, dan menganalisis situasi kondisi.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More