Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Kalimat Persuasif

Minggu, 05 November 2023 - 14:40 WIB
Penjelasan mengenai pengertian, ciri-ciri, dan contoh kalimat persuasif. Foto/SINDOnews.
JAKARTA - Kalimat persuasif penting untuk diketahui para pelajar karena termasuk dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia . Dilansir dari buku ’Cermat Bahasa Indonesia’ karya Sutarno, kalimat persuasif merupakan kalimat yang mengandung ajakan dan dapat memengaruhi pembaca atau pendengarnya.

Paragraf persuasif biasanya memaparkan gagasan dengan alasan, bukti, atau contoh untuk meyakinkan para pembacanya dan diikuti dengan cara ajakan, bujukan, rayuan, imbauan, atau saran. Kalimat persuasif bertujuan untuk mengubah pikiran orang lain agar melakukan sesuatu yang diinginkan sesuai ajakan.

Baca juga: Personal Letter: Pengertian, Struktur, dan Contoh

Kalimat persuasif biasanya ditulis berbentuk propaganda yang dilakukan oleh golongan-golongan atau badan tertentu, seperti iklan-iklan dalam surat kabar, majalah atau media massa, selebaran-selebaran, kampanye lisan, dan sebagainya.

Ciri-Ciri Kalimat Persuasif



Kalimat persuasif merupakan kalimat yang berisi imbauan atau ajakan kepada para pembaca atau pendengar. Selain berisi imbauan atau ajakan, kalimat persuasif juga berisi saran. Adapun ciri-ciri dari kalimat persuasif adalah menggunakan kata ayo, mari, hendaknya, sebaiknya, dan juga seharusnya.

Baca juga: Mengenal Pengertian, Struktur, dan Contoh Teks Cerita Inspiratif

Contoh Kalimat Persuasif



1. Hendaknya kita mencegah hal-hal negatif di sekitar kita dengan waspada.

2. Mari kita bekerja agar hidup sejahtera!
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More