10 Jurusan Kuliah IPA yang Diprediksi Bisa Menjamin Masa Depan untuk Perempuan

Jum'at, 10 November 2023 - 13:39 WIB
Buat kamu yang suka dengan pelajaran Fisika, tentunya Astronomi bisa menjadi jurusan kuliah yang kamu pertimbangkan. Jurusan yang satu ini akan mengajak kamu untuk mempelajari benda-benda langit.

Selain itu, Ilmu Astronomi akan menitikberatkan pada penerapan ilmu fisika terhadap objek di langit, hingga mempelajari struktur serta sifat fisik evolusi alam semesta beserta isinya dan kosmologi. Diketahui, Ilmu Astronomi terbagi menjadi tiga keahlian, yakni Tatasurya, Fisika Bintang dan Galaksi, serta Kosmologi.

6. Ilmu Gizi



Jurusan Ilmu Gizi juga menjadi salah satu jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan. Secara garis besar, jurusan ini mempelajari berbagai jenis nutrisi yang berhubungan dengan kehidupan manusia. Mulai dari gaya hidup, pengaturan makan atau diet, penyediaan informasi tentang asupan gizi, dan sebagainya.

Tak hanya itu saja, Ilmu Gizi juga akan mempelajari soal sektor pertanian, ekonomi, hingga sosial budaya. Kelak, lulusan Ilmu Gizi bisa menjadi seorang Praktisi Keluarga dan Umum, hingga seorang Ahli Diet dan Nutrisi.

7. Teknologi Pangan



Jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan lainnya adalah Teknologi Pangan. Di era modern ini, tentu saja kita membutuhkan produk makanan yang aman dan sehat dengan takaran gizi yang cukup bagi tubuh.

Di Jurusan Teknologi Pangan ini akan mengajak kamu untuk mempelajari mengenai komponen kimia dan biologis yang ada pada makanan. Tak hanya itu saja, kamu juga akan mempelajari tentang teknik pengawetan, proses produksi, pengemasan, penyimpanan dan distribusi.

Lulusan Teknologi Pangan kelak dapat menjadi seorang Quality Control suatu produk di industri makanan atau minuman, atau menjadi seorang R&D (Research and Development) dalam pengembangan produk maupun memunculkan inovasi baru.

8. Arsitektur



Buat kamu yang gemar menggambar dan mencari jurusan kuliah IPA yang berkaitan, kamu bisa memilih Jurusan Arsitektur. Faktanya, kini sudah banyak perempuan yang memilih jurusan Arsitektur.

Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari soal desain dan rancangan konstruksi bangunan. Berbeda dengan jurusan teknik lainnya, Arsitektur akan membawa mahasiswanya lebih cenderung menuangkan ide, konsep, dan desain di atas kertas.

Sedangkan untuk realisasi pembangunannya akan dikerjakan oleh Teknik Sipil. Dalam mendalami Arsitektur, kamu wajib mempelajari kekuatan bangunan (firmitas), estetika atau keindahan bangunan (venustas), serta fungsi bangunan (utilitas).

9. Planologi (Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota)



Jurusan IPA selanjutnya yang bisa menjamin masa depan untuk perempuan adalah Planologi. Jurusan ini sangat cocok kamu pilih jika kamu menyukai bidang Matematika dan Geografi.

Walaupun terdengar sedikit maskulin, Jurusan Planologi nyatanya cocok juga lho untuk perempuan. Terlebih kini Planologi masuk sebagai salah satu pekerjaan jurusan IPA yang nantinya akan menjanjikan gaji yang besar.

10. Kebidanan



Jurusan ini akan mengajak kamu untuk mempelajari cara menolong persalinan. Di mana kamu akan berperan dalam membantu dan memimpin persalinan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More