10 Jurusan Soshum dengan Peluang Kerja Sangat Luas, Temukan Jawabannya di Sini

Rabu, 22 November 2023 - 11:00 WIB
Di jurusan ini, mahasiswa akan mendalami tentang masyarakat dan interaksi sosial. Lulusan sosiologi dapat bekerja di berbagai bidang, seperti pemerintahan, riset, dan pendidikan. Pekerjaan yang membutuhkan pakar sosiologi di antaranya adalah peneliti sosial, konsultan kebijakan sosial, staf riset, dosen sosiologi, dan jurnalis sosial. Kamu bisa mendaftarkan diri ke Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Padjajaran yang menyediakan jurusan Sosiologi.

7. Antropologi



Jurusan ini fokus mempelajari manusia dan budaya. Lulusan antropologi dapat bekerja di berbagai bidang, seperti pengembangan masyarakat, riset, dan pemerintahan. Antropolog pengembangan masyarakat, peneliti antropologi, pengajar antropologi, dan konsultan bisnis internasional adalah profesi yang membutuhkan lulusan Antropologi. Mau kuliah jurusan ini? Daftarkan diri ke Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Hasanuddin.

8. Arkeologi



Arkeologi merupakan studi tentang artefak manusia dan sejarah manusia. Lulusan arkeologi dapat bekerja di berbagai bidang, seperti konservasi, pendidikan, dan pariwisata. Profesi yang bisa menjadi karir lulusan arkeologi antara lain adalah arkeolog, konservator artefak, editor sejarah, dosen arkeologi, dan konsultan pariwisata sejarah. Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Airlangga merupakan contoh perguruan tinggi yang menyediakan jurusan Arkeologi.

9. Geografi



Jurusan ini fokus mempelajari lokasi dan persebaran benda dan fenomena di bumi. Lulusan geografi dapat bekerja di berbagai bidang, seperti riset, pemerintahan, dan pengembangan kawasan.

Profesi pengamat lingkungan, konsultan pengembangan wilayah, peneliti lingkungan, dan ahli perencanaan tata ruang bisa menjadi masa depan lulusan Geografi. Beberapa universitas yang menyediakan jurusan Geografi di antaranya adalah Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Diponegoro.

10. Ekonomi



Ekonomi adalah studi tentang produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa. Lulusan ekonomi dapat bekerja di berbagai bidang, seperti perbankan, industri, dan pemerintahan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More