10 Jurusan Soshum dengan Peluang Kerja Sangat Luas, Temukan Jawabannya di Sini

Rabu, 22 November 2023 - 11:00 WIB
Jurusan ini memfokuskan diri mempelajari tentang hubungan antar negara dan organisasi internasional. Lulusan hubungan internasional dapat bekerja di berbagai bidang, seperti diplomatik, organisasi internasional, jurnalistik, dan riset.



Profesi yang bisa ditekuni oleh lulusan jurusan hubungan internasional antara lain adalah diplomat, pengamat kebijakan internasional, analis keamanan internasional, jurnalis internasional, dan peneliti. Untuk masuk ke jurusan ini kamu bisa mendaftarkan diri di Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Airlangga.

4. Sejarah



Jurusan ini fokus pada studi tentang peristiwa masa lalu dan perubahan sosial. Lulusan sejarah dapat bekerja di berbagai bidang, seperti pendidikan, media, dan pariwisata. Profesi di masa depan yang cocok adalah menjadi peneliti sejarah, arsiparis, editor sejarah, dosen sejarah, dan konsultan pariwisata.

Beberapa universitas yang menyediakan jurusan Sejarah antara lain Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Airlangga.

5. Ilmu Politik



Ilmu politik merupakan jurusan yang fokus pada studi tentang sistem politik dan pemerintahan. Lulusan ilmu politik dapat bekerja di berbagai bidang, seperti kebijakan publik, administrasi publik, dan riset politik.

Profesi yang bisa ditekuni di masa depan dengan ilmu politik antara lain adalah analis kebijakan publik, staf kebijakan, pengelola program publik, konsultan politik, dan peneliti politik. Universitas yang menyediakan jurusan Ilmu Politik antara lain adalah Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Airlangga.

6. Sosiologi

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More