6 Jurusan Sastra yang Langka di Indonesia, dari Sastra Belanda hingga Batak

Rabu, 27 Desember 2023 - 10:00 WIB

3. Sastra Nusantara



Jurusan yang disediakan oleh Universitas Gadjah Mada ini berfokus pada ilmu sastra, bahasa, dan filologi nusantara, terutama Jawa. Lulusan dari jurusan ini berkesempatan untuk dosen, peneliti, budayawan, sastrawan, hingga guru.

4. Sastra Sunda



Jurusan yang dimiliki oleh Universitas Padjadjaran ini memiliki beberapa studi yang berkaitan dengan jurnalistik, penyiaran, dan pariwisata yang berbasis bahasa Sunda.

Terdapat pula mata kuliah tentang seni tradisional macam karawitan, tari, hingga kuliner. Lulusan jurusan ini diharapkan dapat bekerja di dinas kebudayaan, balai bahasa, pusat bahasa, atau bahkan museum.

Baca juga: Jarang Diketahui, Ini Sederet Keunggulan Jurusan Kuliah Sastra

5. Sastra Bali



Universitas Udayana jadi perguruan tinggi yang menyediakan jurusan sastra ini. Fokus utama dari jurusan ini adalah bahasa, aksara, dan sastra Bali yang didasarkan pada ilmu linguistik dan sastra.

Baca juga: 5 Universitas Populer dengan Jurusan Kuliah Sastra Indonesia Terbaik di Tanah Air, Ada Kampusmu?



Prospek karier dari Jurusan Sastra Bali ini sendiri adalah bisa bekerja di instansi pemerintahan, bidang pariwisata, akademisi, penerjemah, atau penulis.

6. Sastra Batak



Jurusan yang tersedia di Universitas Sumatera Utara ini banyak mempelajari tentang aksara Batak, dongeng khas Batak, serta seni kebudayaan Batak. Prospek kerja dari jurusan ini berkutat di akademisi, dinas kebudayaan, pariwisata, hingga sastrawan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More