5 Jurusan Kuliah yang Pekerjaannya Sulit Digantikan Kecerdasan Buatan, Apa Saja?

Rabu, 03 Januari 2024 - 10:41 WIB

3. Rumpun Jurusan Pendidikan



Riset menunjukkan bahwa profesi sebagai tenaga pendidik terutama untuk vokasi, merupakan salah satu yang sulit digantikan AI.

Lulusan dari rumpun jurusan pendidikan memegang peran penting dalam pembentukan karakter dan pengembangan keterampilan manusia yang tak dapat digantikan mesin.

4. Teknik Alat Berat



Pekerjaan yang melibatkan pengemudi teknisi dan operator alat berat menjadi fokus, di mana hasil riset menunjukkan bahwa AI akan kesulitan menggantikan peran ini.

Jurusan teknik alat berat menjadi sangat penting dalam memastikan operasional dan perawatan peralatan berat yang diperlukan di berbagai sektor.

5. Rumpun Ilmu Pertanian dan Teknik



Pekerjaan di bidang pertanian dan operator pertanian memiliki kompleksitas yang sulit diimplementasikan sepenuhnya oleh AI.

Lulusan dari rumpun ilmu pertanian dan teknik memiliki peran strategis dalam memastikan keberlanjutan produksi pangan dan mengelola sumber daya alam dengan efisien.

Dengan tetap menjaga dan mengembangkan keahlian di bidang-bidang ini, lulusan dapat memainkan peran utama dalam menghadapi era AI.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More