5 Fakta Prodi Profesi Kurator Keanekaragaman Hayati, Terbaru di UGM dan Pertama di Asia

Jum'at, 17 Mei 2024 - 07:47 WIB
Uji sertifikasi yang dilaksanakan pada 11 Mei 2023 itu diadakan di Ruang Sidang KPTU Fakultas Biologi UGM, Uji Sertifikasi Kurator Keanekaragaman Hayati dilaksanakan melalui skema Portofolio/Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Setelah proses uji selesai dilakukan, dinyatakan bahwa kelima peserta lulus dan mendapatkan sertifikat profesi kurator keanekaragaman hayati.

3. Tujuan Pembentukan Prodi



Prodi ini dibuka sebagai langkah strategis dalam menghasilkan para profesional dalam mengelola keanekaragaman hayati baik di level nasional maupun global.

Baca juga: Terbaru, UGM Buka Jalur Kelas Internasional di Sekolah Vokasi dan Kedokteran Hewan

Program Studi Kurator Keanekaragaman Hayati ini juga dirancang untuk memenuhi permintaan yang meningkat akan tenaga profesional yang berspesialisasi dalam konservasi dan kurasi keanekaragaman hayati, sesuai dengan upaya konservasi nasional dan global.

4. Hal yang Dipelajari



Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Kerjasama dan Alumni Fakultas Biologi UGM, Dr. Eko Agus Suyono, menuturkan program pendidikan profesi ini para peserta akan mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang keragaman hayati, keterampilan praktis dalam manajemen koleksi, dan kesiapan untuk menjadi pemimpin dalam bidang ini.

Di samping itu, tambah Eko, profesi kurator keanekaragaman hayati ini semakin mengoptimalkan jejaring prodi dan memberikan kesempatan bagi para alumninya untuk menjadi bergabung menjadi anggota Perkumpulan Profesi Ilmu Hayati Indonesia atau Indonesian Biologist Association (IBA).

5. Pendaftaran Mulai Dibuka Pada Tahun 2025

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More