6 Negara Paling Pintar di Dunia Berdasarkan Skor PISA, Tetangga Indonesia Ini Juaranya

Senin, 03 Juni 2024 - 09:00 WIB
Hong Kong juga masuk dalam negara paling pintar di dunia berdasarkan skor PISA 2022. Skor PISA 2022 Hong Kong sebesar 520,0. Sistem pendidikan Hong Kong tidak terlepas dari keahlian praktikal, kemampuan interpersonal, isu sosial budaya dan penerapan pengetahuan pada praktik kerja nyata yang diutamakan di sekolah.

5. Kanada



Negara paling pintar selanjutnya adalah Kanada. Kanada tidak hanya fokus pada peningkatan akademik. Skor PISA 2022 Kanada sebesar 506,3. Sistem pendidikan di Kanada juga pada pengembangan keterampilan sosial, kreativitas dan pemikiran kritis.

6. Irlandia



Negara paling pintar di dunia berikutnya adalah Irlandia. Skor PISA 2022 Irlandia sebesar 504,0. Irlandia berhasil mengurangi kesenjangan sosial-ekonomi di bidang pendidikan yang berdampak positif pada akses yang adil terhadap pendidikan bagi semua warga negaranya.



Apa Itu PISA?



PISA atau Programme for International Student Assessment yang di bawah naungan Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) adalah studi untuk mengevaluasi sistem pendidikan yang diikuti oleh lebih dari 70 negara di seluruh dunia, sebagaimana dilansir dari BSKAP Kemdikbud.

Dilansir dari situs NCES, PISA merupakan bentuk penilaian internasional yang mengukur tiga aspek yaitu literasi membaca, matematika, dan sains. Penilaian ini dilakukan untuk siswa berusia 15 tahun yang diadakan setiap 3 tahun sekali. PISA pertama kali diselenggarakan pada tahun 2000 dengan diikuti 90 negara dan sekitar 3.000.000 siswa seluruh dunia.

Tujuan PISA

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More